Lupa Matikan Lilin, Satu Unit Rumah di Bone Ludes Dilalap Api

Rumah milik Upe yang terbakar

BONE, Suara Jelata— Sekira pukul 21.30 wita, si jago merah kembali mengamuk dan melalap rata sebuah rumah panggung milik Upe (75) di Dusun Lagusi, Desa Ujung Tanah, Kecamatan Mare, Kabupaten Bine, Sulawesi Selatan. Minggu, (13/01/2019) kemarin.

Kapolsek Mare, Iptu Nawir saat dikonfirmasi via telepon seluler, membenarkan hal tersebut.

“Iya betul, kajadian tersebut diakibatkan karena kelalaian, sebab pada waktu mati lampu, dia menyalakan lilin lalu disimpan diatas meja plastik, lalu pergi makan, setelah makan ia istirahat, kemudian tidur, tanpa mematikan lilinnya yang terbakar hingga habis,” Tuturnya. Senin, (14/01/2019).

Yang kemudian menyebabkan meja plastik tersebut terbakar, dan apinya merembes dan meluap hingga membakar rumah korban.

Baca Juga:  Ketua DPRD Harap Sinjai Kembali Raih WTP

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja anak korban Rustan mengalami luka bakar dan beberapa hartanya juga terbakar habis yakni, satu buah motor Yamaha Jupiter, gabah 40 karung, cengkeh 5 karung, emas 10 gram, alat elektronik dan barang lainnya,” Ungkap Iptu Nawir.

Dalam proses pemadaman api dibantu 3 unit mobil pemadam kebakaran yakni, 2 unit pemadam dari Bone Kota, dan 1 unit dari kecamatan Tonra.

“Hanya saja, mobil pemadam tersebut sampai di lokasi setelah rumah korban sudah rata diludes si jago merah, karena jarak memang cukup jauh,” Ucapnya.

Baca Juga:  Zaman Modern, Mahasiswa KKN UINAM Tetap Adakan Lomba Tradisional

Lebih lanjut kata IPTU Nawir, jika perlu adanya mobil pemadam kebakaran di setiap kecamatan, agar bisa bergerak cepat jika ada kebakaran.

“Karena memang di kecamatan Mare tidak ada mobil pemadam, jadi kalau ada kejadian seperti ini harus menelpon mobil pemadam dari luar wilayah Mare,” harapnya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada warga, agar kiranya memperhatikan ketika menyalakan lilin, kalau perlu pakai alat yang aman.

“Terutama juga ketika membakar obat nyamuk, perlu diperhatikan karena itu juga bisa memicu akan terjadinya kebakaran,” Kuncinya.

Irfan/Aisyah