Gratis, Diutamakan Pedagang Lokal di Pameran Hari Jadi Sinjai

Stand Pameran Tahun 2018 lalu.

SINJAI, Suara Jelata—Pemerintah Kabupaten Sinjai akan memberdayakan pedagang lokal untuk ikut serta mengambil tempat pada lokasi pameran.

Hal ini terlihat ketika puluhan pedagang lokal sinjai yang ingin ikut berpartisipasi memeriahkan pameran pembangunan dalam rangka Hari Jadi Sinjai Ke-455 dengan mendatangi kantor kecamatan sinjai utara mendaftar untuk mendapatkan stand atau lapak.

Plt. Camat Sinjai Utara, A. Jefriyanto Asapa mengatakan bahwa pada tahun ini untuk stand atau lapak akan diutamakan bagi pedagang lokal.

“Lapak akan kita berdayakan kepada pedagang lokal lebih dahulu. Hal ini juga sesuai arahan Pak Bupati untuk mengutamakan pedagang lokal sinjai. Jika ada sisa yang kosong baru untuk pedagang dari luar,” ungkap A. Jefriyanto.

Untuk proses mendapatkan lapak sudah ada pembukaan pendaftaran di Kantor kecamatan Sinjai Utara. Salah satu syaratnya, foto copy KTP dan KK serta tidak dipungut biaya atau gratis.

Baca Juga:  Aksi Kamisan Jilid VI, Mahasiswa Terus-menerus Kecam IAIM Sinjai

“Yang diutamakan pedagang/warga lokal. Jadi dengan begitu, yang berjualan memang warga lokal. Selain itu diharapkan pula untuk pedagang yang sudah mendaftar benar benar menempati lapak yang sudah disediakan.” Katanya.

Dan sampai hari ini yang sudah mendaftar sebanyak 90 pedagang yang terdiri dari warung 40, pedagang Pop Ice 47 dan 3 penjual martabak.

Lebih lanjut, A. Jefri (sapaan Akrab A. Jefriyanto Asapa) menegaskan bahwa lapak tidak boleh diperjualbelikan, apalagi kepada pedagang luar.

Apabila ada ditemukan pedagang lokal yang menjual lapaknya kepada orang luar akan ditindak dengan tegas.

Bahkan Pak Bupati juga pernah menyampaikan bahwa tidak boleh ada lagi muncul masalah jual beli stand. Semua harus dikelola dengan baik dan transparan.

Baca Juga:  TPS Kampung Terpencil di Sinjai, Tanpa Listrik Hingga Petugas Kedinginan

“Jika ada ditemukan pedagang yang menjual lapaknya, kita akan kosongkan lapaknya kemudian menggantikannya dengan pedagang yang tidak kebagian lapak yang mendaftar kepada petugas kami,” tegasnya.

Untuk diketahui, Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-455 tahun yang jatuh pada 27 Februari 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Sinjai akan menggelar Pameran Pembangunan dan Hiburan Rakyat di Lapangan Sinjai Bersatu.

Acara yang dikemas dalam bentuk Sinjai Fest & Expo 2019 tersebut dengan pelibatan dan partisipasi seluruh OPD maupun instansi terkait dengan stand pameran, maupun pedagang lokal yang rencananya dilaksanakan tanggal 18-27 Februari 2019.

Sumber: Mediasinergi
Editor.   : Izhar