Warga Sinjai Keluhkan PPS Tidak Umumkan Salinan C1 Pemilu 2019

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata– Masyarakat peduli demokrasi Sinjai mengeluhkan tidak diumumkannya salinan C1 hasil pemungutan suara Pemilu 2019, disejumlah TPS di Kabupaten Sinjai. Sabtu, (20/4/2019).

Salah satau yang mengeluhkan adalah Usman, Warga Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. Dia mengatakan bahwa PPS wajib menempelkan salinan hasil perhitungan suara di tempat-tempat umum.

Baca Juga

“Hukuman pidana bagi PPS yang tidak mengumumkan salinan sertifikat hasil perhitungan suara atau C1 tertuang pada pasal 391 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017,” Katanya.

Dia menyebut bahwa aturan yang tertuang pada pasal 391, dikatan bahwa PPS wajib mengumumkan salinan sertilikat hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya dengan menempelkan salinan tersebut di tempat umum.

Usman mengaku bahwa sampai saat ini masih ada Desa yang belum menempelkan salinan C1 hasil perhitungan suara.

Dia mengatakan seharusnya salinan C1 ditempelkan agar warga dapat mengetahui perolehan suara di TPS tersebut, selain itu, menurutnya hal ini untuk mengurangi meminimalis kecurangan pada pemilu.

“Ini kok tidak diumumkan, ada apa?, padahal jelas dalam atauran kalau PPS wajib mengumumkan salinan C1,” Ucapnya.

Dirinya berharap agar PPS segera menempelkan salinannya karena menurutnya, jika PPS tidak menjalankan UU Nomor 7 tahun 2017 pasal 391 maka akan terancam hukuman pidana dan denda uang.

Dia melanjutkan bahwa dalam Pasal 508 setiap anggota PPS yang tidak mengumumkan salinan sertifrkat hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 391, akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp12.OOO.O0O,O0 (dua belas juta rupiah).

Zain

Loading...
loading...
  • Whatsapp

Berita Lainnya