Pesta Adat Ma’rimpa Salo di Sinjai, Wabup: Partisipasi Warga Adalah Kunci

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong hadiri pesta adat Ma’rimpa Salo yang bertempati di Takkalala, Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. Kamis, (10/10).

Kepala Disparbud Sinjai, Haerani Dahlan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal warga Sinjai.

Baca Juga

“Untuk mengangkat dan memperkenalkan potensi budaya sebagai salah satu potensi wisata bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Lanjut Haerani Dahlan, dalam meningkatkan solidaritas dan menggali kembali partisipasi dan gotong royong warga yang sudah terkeruk akibat arus globalisasi.

“Mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisata khususnya wisatawan yang mencintai budaya lokal di Kabupaten Sinjai,” ujarnya.

Wakil Bupati Sinjai menuturkan bahwa pesta adat Ma’rimpa Salo merupakan event budaya yang terselenggara setiap tahunnya, dan telah menjadi Calender Of Event Provinsi Sulawesi Selatan.

Andi Kartini menambahkan, event ini sarat dengan makna dan nilai filosofi yang positif dalam rangka penguatan budaya lokal serta jati diri warga Sinjai.

“Partisipasi aktif dari warga adalah kunci dalam penyelenggaraan Pesta Adat Ma’rimpa Salo kali ini,” tandasnya.

Sebelumnya, telah dilakukan festival layang-layang di Pantai Hubat, kemudian ada festival Balap Perahu, lalu festival Kuliner laut. Kemudian festival Tari Kreasi Pesisir, mengarang dalam tulisan Lontara bagi anak-anak sekolah.

Acara tersebut dihadiri oleh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan daerah Kabupaten Sinjai, Kapolres Sinjai, Ketua Pengadilan Agama  Sinjai, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai, Pimpinan BUMN BUMD Kabupaten Sinjai, Kepala Bagian Setdakab Sinjai, para Camat se-Kabupaten Sinjai.

Serta para Tokoh Seni dan Budaya, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan serta segenap warga Desa Sanjai dan Desa Bua, Kabupaten Sinjai.

Loading...
loading...

Berita Lainnya