Cegah Corona, RSUD Wates Rujuk Pasien ke RSUP Dr Sardjito Yogya

  • Whatsapp
Penanganan pasien corona oleh tim medis sesuai standar WHO

YOGYAKARTA, Suara Jelata— Dua orang pasien yang dalam pengawasan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dirujuk ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Sabtu, (14/03/2020).

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan kedua pasien perempuan yang mereka terima itu merupakan kiriman dari RSUD Wates, Kulon Progo.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya, kedua pasien berusia 50 tahunan ini sempat dirawat di RSUD Wates dan dijauhkan dari pasien lainnya. Dan kita terima mereka di RSUP Dr Sardjito, kemarin,” ujar Banu Hermawan.

Kedua pasien yang tidak disebut identitasnya itu, sebelumnya pulang dari Mekah, Arab Saudi menjalankan ibadah umroh. Karena faktor usia membuat kondisi keduanya menurun karena sakit batuk filek.

Sakit batuk filek baru terasa setelah tiba di Indonesia. Dan sepulang dari Mekah, mereka ingin sempat singgah di Malaysia. Saat dirawat di RSUD Wates, di diagnosa awal menunjukkan adanya pneumonia.

“Keduanya juga sudah diambil sampel darahnya dan usap tenggorokan tapi hasilnya belum diketahui karena masih di tes laboratorium,” tandas Banu.

Sementara itu, sebelumnya pihak Dinas Kesehatan Kulon Progo, memantau lima orang pasien yang baru pulang umroh. Kelima pasien tersebut dipantau untuk mencegah virus corona.

Mereka juga menjalani rawat inap dan diisolasi dari pasien lainnya. Selain itu, dibatasi kontak dengan orang lain seperti keluarga dan warga lainnya yang datang membesuk.

Mhmd

loading...
  • Whatsapp