Baznas Yogyakarta Peringati Tahun Baru Hijriyah 1442 H & Pentasharufan ZIS Triwulan III 2020

  • Whatsapp

YOGYAKARYA, Suara Jelata— Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta menggelar peringatan Tahun Baru Hijriyah, 9 Muharram 1442 Hijriyah, bertempat di Lantai Dasar Masjid Pangeran Diponegoro Kompleks Balaikota Yogyakarta. Jum’at (28/08/2020).

Bertemakan “Berhijrah Menuju Kebiasaan Hidup Baru”, Baznas Yogyakarta juga Pentasharufan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Triwulan III berupa pendistribusian Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Produktif, Santunan Guru Ngaji se-Kota Yogyakarta, Santunan Anak Yatim Piatu dan Dhuafa.

Berita Lainnya

Berdasarkan pada hasil Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Baznas RI dan kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta, bahwa Pendistribusian ZIS Baznas Kota Yogyakarta Triwulan III tahun 2020, dipriotaskan kepada Warga Kurang Mampu yang Terdampak Pandemi COVID-19.

Dengan rincian Pentasharufan berupa Bantuan Abon Daging Sapi sejumlah 130kg, senilai Rp. 22.442.000,- untuk Pondok Pesantren, Panti  Asuhan, Majelis Difabel, Komunitas Anak Jalanan dan Dapur Umum Ngluwihi Bagehi di 4 Kelurahan dengan jumlah penerima sebanyak 520 orang, dari abon sapi yang terkumpul dari shohibul Qurban Idul Adha 1442 H.

Tidak hanya itu, terdapat Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Warga terdampak Covid-19, sebanyak 32 orang senilai Rp.32.000.000, yang diterima oleh pelaku usaha UMKM yang diajukan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Yogyakarta. Program ini dipersembahkan oleh BAZNAS Kota Yogyakarta bersinergi dengan BAZNAS DIY.

Bantuan untuk Guru Ngaji sebanyak 1.036 Guru Ngaji, senilai Rp. 241.600.000, Bantuan untuk anak Yatim Piatu dan Dhuafa’ sebanyak 525 anak senilai Rp. 105.000.000, Bantuan bahan pangan Mustahik Pemberdayaan sebanyak 112 orang senilai Rp. 16.800.000, Bantuan bahan pangan untuk Seniman Kota Yogyakarta terdampak Covid-19, sebanyak 66 orang senilai Rp. 33.000.000, Bantuan rehab rumah warga kurang mampu atas nama bapak Pawiro Warsito warga Purbayan Kotagede senilai Rp15.000.000, Bantuan beasiswa bagi siswa SD/MI, SMP/MTs sebanyak 210 anak dengan jumlah bantuan sebesar Rp220.500.000, dan Bantuan di utamakan bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu non KMS. Dengan total keseluruhan ZIS yang ditasharufkan salurkan hari ini sebesar Rp. 671.232.000,-.

Saat ini Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta bersama Pemerintah Kota Yogyakarta tengah mempersiapkan Pemberdayaan Masyarakat yang berbasis wilayah, bertempat di Kampung Sudagaran Tegalrejo dengan program Kampung Sejahtera.

Syamsul Azhari selaku ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada seluruh Muzaki dan Munfiq yang telah mempercayakan penyaluran ZIS-Nya melalui Baznas Kota Yogyakarta.

“Kegiatan Baznas Kota Yogyakarta ini sangat mengapresiasi dan semoga bantuan yang diserahkan oleh Baznas Kota Yogyakarta pada kali ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi penerima manfaat dan dapat meringankan beban mereka. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memperkuat tali persaudaraan,” katanya.

Turut hadir dalam acara, Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta, Kepala Kementerian Agama Kota Yogyakarta.

Lainnya, Lembaga Pemerintah lain serta Penerima Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Terdanpak COVID-19. Penerima Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Mualaf, Perwakilan Santunan Guru Ngaji, Perwakilan Santunan Anak Yatim Piatu dengan total 83 Peserta.

Rihan SJ

loading...
  • Whatsapp