Pemimpin Redaksi Suara Jelata Beri Materi Jurnalisme Investigasi

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Literasi Media Online Suara Jelata melakukan kegiatan rutinnya dengan menghelat pekan diskusi secara offline yang berlangsung di aula kantor redaksi Suara Jelata, Victory Building lantai II, Jl. R. A. Kartini, Kabupaten Sinjai. Kamis, (24/09/2020).

Materi yang dibawakan langsung oleh Pemimpin Redaksi Suara Jelata, Muh Izhar membahas tentang Jurnalisme Investigasi yang diberikan kepada mahasiswa dan beberapa redaksi Suara Jelata.

Bacaan Lainnya

“Kita belajar investigasi jurnalisme, untuk mengungkap kesaksian dan bukti secara fisik, biasanya ini dilakukan untuk mengungkap kejahatan terhadap kepentingan publik atau tindakan yang merugikan orang lain,” papar Izhar.

Izhar juga menyampaikan bahwa jurnalisme investigasi dituntut untuk memiliki sikap skeptis atau ragu-ragu terhadap setiap fakta yang diperoleh, agar fakta tersebut bisa digali sampai ke akar permasalahan.

“Juga dalam penulisan, harus ditulis secara padat dan jelas, kemudian yang paling penting jurnalis harus memiliki dara, seperti dokumen, foto, rekaman, video untuk memperkuat tulisan,” katanya.

Diskusi ini sengaja dihelat secara tatap muka, sebelumnya Literasi Suara Jelata rutin menggelar diskusi online selama pandemi Covid-19.

“Ini sebuah kewajiban bagi kami untuk memberikan teman-teman ilmu jurnalisme, ini bukan soal kami mau eksis atau mau dikenal, tapi ini sudah menjadi kebiasaan di Redaksi Suara Jelata untuk bisa bermanfaat untuk orang banyak,” kuncinya.

Fatahillah

loading...
  • Whatsapp