Siapkan Pemuda Berkarakter Terdidik, Hirmanuf Gelar Kajian

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Suara Jelata— Himpunan Remaja Masjid Nurul Falah (Hirmanuf) Desa Sopa’ah, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Provinsi Jawa Timur, gelar kajian di Bulan Ramadhan yang dibidangi oleh Divisi Pendidikan yang bertempat di Masjid Nurul Falah. Minggu, (25/04/2021).

Kegiatan kajian ini bertajuk, “Pentingnya Pendidikan bagi Pemuda Islam Sebagai Regenerasi Bangsa”, mengundang langsung Zainal Arifin S. Pd. I sebagai pemateri yang dimoderatori oleh Luluk sebagai anggota Hirmanuf.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Himpunan Remaja Masjid Nurul Falah Desa Sopa’ah, Dimas Agustiawan, mengatakan bahwa dengan diadakannya kajian tersebut oleh Divisi Pendidikan agar mengetahui bahwa pendidikan sangatlah penting untuk menunjang kehidupan manusia di dunia, sebagai bekal kelak di akhirat, apalagi pada bulan ramadhan.

“Karena mempertegas Hadist Nabi, Rasulullah pun bersabda, “Barang siapa yang menginginkan dunia, maka hendaklah berilmu, barang siapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka tetaplah dengan ilmu. Dengan demikian begitu besar kemuliaan seorang hamba yang berilmu dihadapan Tuhan,” tegas Dimas Agustiawan Mahasiswa HKI IAIN Madura ini.

Lebih lanjut, dia menambahkan kajian Divisi Pendidikan tersebut semata-mata bertujuan tidak lain ialah untuk membentuk karakter yang terdidik khususnya pemuda dan remaja-remaja Islam di Desa Sopa’ah.

“Agar mereka melek terhadap berbagai persoalan pendidikan yang ada di masyarakat, dan menepis terjadinya kejumudan regenerasi bangsa dimasa sekarang dan mendatang. Maka dengan  ridho Sang Kholik, InsyaAllah akan melahirkan pemuda dan remaja-remaja Masjid yang produktif dengan memiliki nilai tawar lebih di masyarakat, terlebih bangsa dan negara kelak, khususnya Himpunan Remaja Masjid Nurul Falah Desa Sopa’ah,” tandas Dimas Agustiawan yang juga aktivis HMI IAIN Madura ini.

Sementara itu, Zainal Arifin S.Pd.I, selaku pemateri dalam penyampaiannya berpesan kepada seluruh Remaja Masjid Nurul Falah khususnya pemuda yang ada di Desa Sopa’ah maupun diluar.

“Jika ingin Ilmu yang kita pelajari cepet dipahami dan tidak mudah lupa, yang pertama jangan pernah meninggalkan shalat lima waktu (jika tidak ada halangan, bagi wanita), selama jantung masih berdetak, kedua jangan pernah menyakiti perasaan orang tua yang sudah melahirkan, dan juga guru-guru kita,” tuturnya.

Diakhir Dimas Agustiawan, selaku Ketua Umum Hirmanuf, berpesan dengan terlaksananya kegiatan kajian rutin ini, berharap remaja-remaja Masjid Nurul Falah selalu peduli akan ilmu pengetahuan.

“Saya berharap selalu berkomprehensif dalam belajar dan mengasah kemampuan berfikirnya, dengan mencari sebanyak mungkin Ilmu pengetahuan umum dan agama, karena Rasulullah Saw bersabda,” pungkansya.

Penulis: Hanafi
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...