BPBD Sinjai Sosialisasi Bencana di Warga Pattongko

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) menggelar sosialiasi tanggap bencana di Desa Pattongko.

Diikuti oleh masyarakat Desa Pattongko, Bertempat di Aula Kantor Desa Pattongko, Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Rabu, (02/06/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam pelaksanaannya, menghadirkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, Syamsul Ahmad, dengan membawa materi tanggap bencana kepada peserta.

“Walau yang namanya bencana memang tak terjadwal, tetapi Urusan Bencana adalah masuk kategori urusan Wajib bagi siapa saja,  Upaya Pencegahan dalam hal Kesiapsiagaan tentu harus dimulai sejak dini,” kata Syamsul Ahmad.

Lanjutnya, sebagai cara untuk mengurangi resiko atau dampak yang ditimbulkan bila sewaktu-waktu ada bencana, salah satunya adalah dengan kegiatan seperti ini.

“Masyarakat kami berikan Pengetahuan sebagai pemahaman sehingga jelas ketika dalam keadaan darurat setidaknya sudah mampu melakukan apa dan berbuat apa,” ujarnya.

Mitigasi Bencana, dan Gambaran umum,  dimulai dari Pencegahan hingga Ke Penanggulangan sebelum, saat dan setelah terjadi bencana dengan begitu ketika terjadi bencana di Desa Bonto Sinala para masyarakat setidaknya sedikit sudah mampu dalam hal penanggulangannya.

“Khusus di kabupaten Sinjai pemahaman terkait Mitigasi bencana masih sangat rendah, Namun perlahan telah membaik,  Salah satunya dengan kegiatan yang telah dilakukan oleh beberapa stakeholder, Pemerintah Desa serta lembaga dan organisasi lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua LPPM UMSi, Sebagai ketua LPPM UMSi, Baharuddin, S. Sos., S. Pd. I., M. Si, berharap agar kiranya pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)  oleh Dosen Tetap Yayasan (DTY) UMSi,  dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Sebagai bentuk Implementasi Catur Darma Perguruan Tinggi dan kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan program kerja  LPPM yang didukung penuh oleh Pimpinan Perguruan Tinggi,” kuncinya.

Penulis: TA
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...