Ujian Perwira Faktor Penentu untuk Menjadi Perwira TNI AD

  • Whatsapp

MAGELANG, Suara Jelata— Untuk menjadi seorang Perwira TNI AD harus lebih dahulu melewati Ujian Perwira. Karena menjadi faktor penentu maka Akademi Militer (Akmil) menggelar Ujian Perwira bagi 227 Taruna Tingkat IV/Sermatutar (Sersan Mayor Satu Taruna).

Ujian Perwira Taruna Akmil Tingkat IV/Sermatutar dilaksanakan di Lapangan Drillnis, Gembung, Akmil, Rabu (09/06/2021). Materi Ujian Perwira ini dari Departemen Taktik (Deptik).

Bacaan Lainnya

Kali ini sebagai Ketua penyelenggara Ujian Perwira Akademi Militer Kadeppengmilum Akmil Kolonel Inf Heri Susanto. Kegiatan ujian hari ini di mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB dengan materi ujian praktik Deptik, berupa OMSP (operasi Militer selain perang) dan OMP (Oprasi Militer Perang).

Kadeppengmilum Akmil mengatakan bahwa dalam penjabarannya TNI melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). OMP merupakan pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk menghadapi ancaman berupa kekuatan militer asing dalam rangka mempertahankan kedaulatan negara.

“Operasi Militer yang telah dilaksanakan di antaranya Operasi Pertahanan Udara Nasional, Siaga Tempur Laut, Siaga Tempur Blok Ambalat dan PPRC TNI,” ungkap Kolonel Inf Heri Susanto.

Pelaksanaan OMSP, seperti halnya Operasi Militer Perang, berpegang pada prinsip untuk memudahkan, mempercepat, dan melindungi personel yang dikerahkan. Komandan operasi perlu memahami prinsip-prinsip yang ditetapkan dan menerapkannya dalam operasi secara benar.

Beberapa prinsip umum dalam pelaksanaan OMSP adalah kejelasan sasaran, kesatuan tindak, keabsahan, keuletan, batasan, dan keselamatan (Headquarters Department of the Army,1996)

Kegiatan Ujian Perwira ini dilaksanakan selama satu minggu dimulai hari Kamis hingga Rabu tanggal 3-9 Juni 2021. Kegiatan dilaksanakan oleh pemangku materi dan penguji dari Depmilum (Departemen Militer Umum), Depmildas (Departemen Militer Dasar) dan Deppimjuang (Departemen Kepemimpinan dan Kejuangan). Sementara ujian teori dilaksanakan di kelas dan ujian praktik dilaksanakan di lapangan.

Penulis: Iwan
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...