Donasi Buku di SD Inpres Cengkong, Cara Akbar Hidupkan Gerakan Literasi

  • Whatsapp

GOWA, Suara Jelata— Donasi buku adalah salah satu gerakan untuk menghidupkan literasi. Seperti yang dilakukan oleh Akbar atau yang lebih akrab di sapa Emil, seorang alumni SD Inpres Cengkong, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jumat, (18/06/2021).

Ia berbagi di masa pandemi dengan mendonasikan buku bacaan anak berupa buku dongeng, komik, cerita rakyat, dan majalah anak kepada SD Inpres Cengkong dengan jumlah 70 buah buku.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah kali kedua saya kesini. Donasi buku seperti ini adalah berkah untuk sekolah-sekolah ataupun taman bacaan. Buku ini saya harapkan berguna untuk mereka yang susah sekali mendapatkan akses bahan bacaan baru dikarenakan pandemi Covid-19 dan lokasinya bertempat di kampung-kampung atau daerah pelosok” ungkap Emil.

Menurutnya, donasi buku dari siapapun adalah sedekah. Seperti orang yang memberi senyum kepada orang lain pun sedekah.

“Sedekah itu sederhana, yaitu berpihak pada perbuatan baik untuk kebaikan anak-anak yang rajin membaca, di mana pun. Jangan pernah letih berbuat baik. Jangan takut untuk menebar manfaat untuk orang lain. Singkat kata, Anda harus tetap berbuat baik hingga kapanpun” katanya.

Kegiatan donasi buku ini diapresiasi oleh Bahria, selaku guru SD Inpres Cengkong.

“Saya mewakili guru disini, mengucapkan banyak terima kasih kepada ananda Akbar G. Sungguh, pemuda yang visioner dan tidak melupakan darimana ia berasal. Dia merupakan salah satu alumni sekolah ini yang selalu memberikan perhatian melalui gerakan literasi yang dia lakukan” Ucap Bahria.

Penulis: Aisyah
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...