Pekan IVA Test Dicanangkan TP PKK Kota Magelang

KOTA MAGELANG, Suara Jelata – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang Pokja IV mencanangkan Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks di Gedung Wanita Kota Magelang, Rabu (13/10/2021). Pencanangan dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz, dan dihadiri oleh sejumlah pengurus dan kader TP PKK Kota Magelang. Hadir sebagai narasumber sosialisasi, dr. Rahmalia, Sp.OG, dan ketua Bidang IV TP PKK Kota Magelang.

Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz menjelaskan, pemeriksaan IVA adalah upaya paling mudah untuk mendeteksi kanker serviks secara dini. Pemeriksaan ini penting mengingat kanker serviks merupakan pembunuh kedua perempuan di Indonesia setelah kanker payudara.

Istri Walikota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz itu pun mengajak kaum wanita di wilayahnya untuk sadar diri mengikuti pemeriksaan IVA di Puskesmas-Puskesmas terdekat.

“Meskipun kita akui masih ada keterbatasan anggaran sehingga pemeriksaan untuk sementara jumlah pasien dibatasi per keluarga,” terangnya. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.