Pendidikan Integrasi TNI-Polri Tahun 2021 Resmi Dibuka

Upacara Pendidikan Integrasi TNI-Polri Tahun 2021, Senin (13/12/2021). (foto: Iwan/SJ)

KOTA MAGELANG, Suara Jelata – Sebanyak 164 orang mengikuti Pendidikan Integrasi TNI-Polri Tahun 2021, Senin (13/12/2021). Kegiatan dibuka secara resmi dalam sebuah upacara pembukaan di Lapangan Tirta Parwita Sari Secaba Rindam IV/Diponegoro. Tepatnya di Kampung Tuguran, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan, Magelang Utara Kota Magelang.

Upacara Pendidikan Integrasi TNI-Polri Tahun 2021, Senin (13/12/2021). (foto: Iwan/SJ)

Selaku Inspektur Upacara (Iru) Waka Lemdiklat Polri Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si. Sementara selaku Komandan Upacara Dansecaba Rindam IV/Dip Letkol Inf Eddy Lallo. Pasukan upacara 1 SSR Korsik Rindam IV/Diponegoro, 1 SST Pelatih, dan 3 Kompi Siswa Dik Integrasi TNI-Polri.

Adapun peserta Pendidikan Integrasi TNI-Polri Tahun 2021 tersebut masing-masing dari Secaba Rindam IV/Diponegoro sebanyak  84 orang, SPN Jawa Tengah sebanyak 30 orang. Sedangkan dari SPN DIY sejumlah 30 orang, dan dari Pusdik Binmas sebanyak 20 orang.

Kalemdiklat Polri dalam amanat tertulis yang dibacakan Irup menyampaikan Diklat Intgrasi TNI-Polri ini dalam bentuk latihan kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI AD dan peserta didik Diktukba Polri. Pendidikan dilaksanakan selama 5 hari di seluruh SPN Polri dan di 14 lembaga pendidikan TNI AD.

Disampaikan pula, dalam membangun soliditas dan sinergitas TNI-Polri telah memiliki Diklat Integrasi untuk jenis dan jenjang Perwira, namun kali ini untuk pertama kalinya dilaksanakan Diklat Integrasi TNI dan Polri untuk jenjang pendidikan pertama pembentukan Bintara.

“Oleh karena itu hari ini adalah hari yang bersejarah dalam perjalanan sinergi TNI dan Polri di bidang pendidikan dan pelatihan. Diklat integrasi dan kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan hasil dan dampak yang positif bagi soliditas dan sinergitas TNI dan Polri khususnya dengan TNI AD,” sambut Kalemdiklat Polri.

Sementara Dankodiklat TNI AD dalam anaat tertulisnya menyampaikan Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan solidaritas TNI dan Polri di lapangan. Dengan sinergitas TNI Polri yang semakin baik secara tidak langsung akan berdampak kepada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kegiatan diklat integrasi TNI dan Polri akan dilaksanakan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan mulai dari Tamtama, Bintara, serta Perwira. Yang pada akhirnya akan meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI Polri,” sambut Dankodliklat TNI AD.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Wadan Kodiklat Mayjen TNI Kasuri, Perwakilan Aspers Kasdam IV/Diponegoro, Paban Binkur Kodiklat Kolonel Inf Nugroho, Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf M. Arif Hidayat. Serta Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin, S.I.K, M.H., yang mewakili Kapolres Magelang, perwakilan SPN Polda DIY AKBP Purwanto, S.H., perwakilan Pusdik Binmas AKBP Sudarwoto, dan para pengasuh dan pelatih.

Usai upacara pembukaan, dilanjutkan pengarahan oleh Waka Lemdiklat Polri Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si kepada siswa Pendidikan Integrasi TNI-Polri Tahun 2021. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.