Kabinda Jateng: Metode Door to Door Dongkrak Partisipasi Warga Ikut Vaksin

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) kembali menyelenggarakan vaksinasi massal untuk masyarakat umum secara door to door di Desa/Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Sabtu (22/01/2022).

Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan vaksinasi warga secara door to door selama ini terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Selain mendirikan sentra vaksinasi, pihaknya bersama dengan Tenaga Kesehatan juga melakukan jemput bola atau dengan metode door to door menyambangi warga yang tidak bisa datang ke sentra vaksinasi.

“Konsep door to door ini sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin, sehingga mereka dapat tervaksin,” ujarnya.

Binda Jateng telah memulai melaksanakan vaksin sejak Juli 2021 yang dimulai di Kota Semarang dengan target pelajar SMP-SMA dan masyarakat secara door to door. Dalam perjalanannya vaksinasi dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se-Jateng serta mulai menyasar anak pelajar dan booster.

Dalam beberapa kesempatan, vaksinasi BIN di Jateng juga dihadiri Presiden RI secara langsung. Di antaranya di Klaten, Sukoharjo dan Cilacap.

“Sampai saat ini jumlah vaksinasi yang dilaksanakan Binda Jateng mencapai 300.000 dosis vaksin. Ke depan target kami akan semakin banyak terlebih adanya vaksinasi booster dan anak pelajar usia 6-11 tahun,” terang Kabinda.

Ditegaskan oleh Kabinda Jateng, seluruh upaya telah dilaksanakannya agar varian baru Covid-19 tidak menyebar di Jateng. Hal ini bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Sehingga masyarakat tahan terhadap virus Covid-19 yang terus bermutasi. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.