BPBD Sinjai Berikan Pemahaman Tanggap Bencana Untuk Warga Balangnipa

SINJAI, Suara Jelata—Penanggulangan bencana sejak dini menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami masyarakat sehingga jika sewaktu-waktu terjadi situasi kedaruratan, upaya penyelamatan dapat dilakukan dengan cepat. Kamis, (27/1/2022).

Demikian dikatakan Analis Perencana Pada Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad saat memberikan materi pada Sosialisasi Penanggulangan Bencana di hadapan warga Kelurahan Balangnipa.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Karya Profesi (K3P) kampus Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) di Aula Kantor Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis, (27/01/2022)

“Mengenai penanggulangan bencana, ini sangat penting dipahami oleh masyarakat karena ketika terjadi bencana, yang mampu melakukan penyelamatan adalah dirinya sendiri,” ungkapnya.

Seperti di Kecamatan Sinjai Utara kata Syamsul, bencana yang sering terjadi adalah banjir.

Karenanya itu, ia mengharapkan agar pemerintah kelurahan yang ada di pusat kota Kabupaten Sinjai ini, intens mengadakan sosialisasi sebagai wujud memberikan pemahaman kepada warga pentingnya penanggulangan bencana.

“Mudah-mudahan kelurahan lainnya yang ada di Sinjai Utara ini juga bisa melakukan kegiatan serupa, minimal mitigasi bencana. Supaya masyarakat kita bisa paham tentang apa yang menjadi tanggung jawab serta mampu untuk menghadapi situasi kedaruratan, sebelum dan sesudah bencana,” pintanya.

Dalam sosialisasi ini, tampak dihadiri unsur Pemerintah Kelurahan Balangnipa, Bhabinkamtibmas, para kepala lingkungan serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya dari kalangan warga.

Saat kegiatan berlangsung, diwarnai dengan sesi diskusi oleh narasumber dan peserta, serta pelaksanaan sosialisasi berjalan dengan baik dan lancar

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.