Belasan Kapal Terbakar di Dermaga Kota Tegal, Penyebab Kejadian Masih Diselidiki

KOTA TEGAL JATENG, Suara Jelata – Belasan kapal nelayan yang bersandar di Dermaga Pelabuhan Niaga PT Pelindo III (Persero) Cabang Tegal hangus dilalap jago merah, Sabtu (29/01/2022) pagi. Kejadian tersebut dibenarkan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmat Hidayat, namun dirinya menyatakan jumlah kapal yang terbakar belum diketahui secara pasti.

Kapolres Tegal Kota mengatakan saat ini pihaknya masih sibuk mengamankan kapal-kapal lain yang berada di dekat lokasi kejadian. Kapal-kapal tersebut kemudian diarahkan ke lokasi aman.

“Petugas juga mengamankan lokasi dan membantu arus lalu lintas di lokasi untuk mempermudah pemadaman api,” ungkap Kapolres, Sabtu (29/01/2022) pagi.
Adapun pemadam kebakaran, lanjut Kapolres Rahmat, dilakukan satuan pemadam kebakaran (Damkar) dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan dari Kabupaten Brebes.

Menurut Kapolres kejadian awalnya diketahui dari seorang saksi mata bernama Akino Arya (34) yang melihat kobaran api dari salah satu kapal. Kemudian saksi melaporkannya ke petugas pelabuhan setempat.

Petugas pelabuhan pun segera menghubungi pihak Damkar dan langsung datang ke lokasi untuk mengecek situasi.

“Setelah dilakukan pengecekan, ternyata api sudah membesar,” ungkap AKBP Rahmat.

Diungkapkan, api yang membesar tersebut langsung menyambar beberapa kapal lain di lokasi. Hal ini akibat kapal-kapal bersandar di lokasi itu saling berdekatan.

Hingga berita ini diturunkan, sementara baru diketahui tiga orang pemilik kapal yang terbakar. Ketiganya adalah H. Tambari, Katijan Andriana dan H. Jono.

“Penyebab kebakaran belum diketahui, masih kita selidiki, karena saat ini pihak kepolisian, petugas pelabuhan, serta petugas Damkar masih fokus pada pemadaman api. Olah TKP dan kegiatan lainnya akan dilaksanakan setelah situasinya sudah memungkinkan,” ungkapnya.

Sementara Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy menerangkan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi sudah menerima laporan tentang kejadian tersebut.

“Kapolda sudah memerintahkan Labfor Polda Jateng untuk membantu penanganan kejadian ini. Untuk perkembangan situasi Polda masih berkoordinasi dengan Polres Tegal Kota,” terang Kombes Iqbal saat dihubungi media. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.