Jelang Lebaran, Polres Tegal Kota Gencarkan Patroli Bermotor

Berita | DAERAH | Kriminal

KOTA TEGAL JATENG, Suara Jelata – Untuk mewujudkan kondusivitas wilayah, Tim Satgas Preventif Operasi Ketupat Candi 2022 dari Sat Samapta Polres Tegal Kota mengintensifkan kegiatan patroli bermotor. Setiap hari dua regu patroli bermotor diturunkan untuk menyisir kawasan rawan kejahatan. Seperti obyek vital perbankan, tempat keramaian dan obyek wisata yang ada di wilayah Kota Tegal.

Tim petugas patroli dengan menggunakan buddy system dan bersenjatakan laras panjang dengan naik kendaraan sepeda motor jenis trail melaksanakan patroli. Menyisir wilayah dalam kota hingga ke wilayah perbatasan dengan Kabupaten Brebes maupun Kabupaten Tegal.

Kapolres Tegal Kota melalui Kasat Samapta AKP Bambang Sri Diartono, S.H. mengungkapkan bahwa dinamika kegiatan masyarakat menjelang Idul fitri tahun 2022, makin hari semakin meningkat. Arus lalu lintas juga semakin padat, hal ini tentunya dapat menimbulkan suatu kerawanan tersendiri. Seperti rawan macet dan rawan tindak kejahatan, antara lain copet, jambret, curanmor, hipnotis dan peredaran uang palsu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut Kasat Samapta, dirinya menginstruksikan kepada Satgas Preventif Operasi Ketupat Candi 2022. Untuk mengintensifkan kegiatan patroli pada lokasi rawan kejahatan tersebut.

“Patroli terus kita tingkatkan terutama pada jalur mudik hingga kawasan dalam kota seperti kawasan Alun-alun dan taman Pancasila. Harapannya adalah dapat tercipta kondusivitas wilayah dan kamseltibcarlantas baik menjelang maupun pada saat lebaran Idul Fitri nanti,” terang Kasat Samapta, Jumat (29/04/2022).

Kasatgas Preventif Operasi Ketupat Candi 2022 yang sekaligus Kasat Samapta juga menambahkan, bahwa rute patroli setiap hari berpindah-pindah, dengan memperhatikan situasi kerawanan yang ada.

“Satu lokasi bisa saja dipatroli lebih dari sekali, dan patroli bermotor ini saya rasa lebih efektif. Karena bisa menjangkau lokasi ataupun jalur yang susah dimasuki oleh patroli dengan kendaraan roda empat,” ungkap Kasat Samapta.

Dikatakan, AKP Bambang, patroli memang sudah menjadi agenda rutin dari kepolisian untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif. Namun demikian menjelang lebaran seperti sekarang intensitasnya lebih kita tingkatkan.

“Dengan adanya patroli dari petugas kepolisian di tempat-tempat rawan diharapkan dapat meminimalisir tindak kejahatan. Sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, ” pungkasnya. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.