Air Terjun Baruttunge Bikeru, Tempat Favorit Para Milenial

Air Terjun Baruttunge

SINJAI, Suara Jelata— Air Terjun Baruttunge menjadi tempat favorit milenial menjalani liburan akhir pekan. Wisata air terjun setinggi sekitar 50 meter itu dibalut hijaunya panorama sekitar yang memanjakan pengunjung berswafoto. Minggu, (8/5/2022).

Air Terjun Baruttunge yang terletak di Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong wisata alam dan anak muda masa kini.

Musifah Ahmad, selaku pengunjung mengatakan bahwa pemandangan air terjun itu sangatlah memukau dan alami, jatuhan air dari ketinggian kurang lebih 50 meter di sela-sela bebatuan besar membuat pengandangan tampak lebih indah, cocok sekali untuk story Instagram dan Whatsapp.

“Ini cocok sekali bagi kaum pemuda yang ingin berswafoto dengan latar belakang air terjun,” ucap Ifa, sapaan akrabnya.

Keberadaan air terjun itu juga sangat mudah dijangkau, hanya membutuhkan waktu 30 menit, akses ke objek tersebut belum ada.

Pengunjung harus berjalan kaki melewati kebun warga sekitar lebih satu kilometer dari jalan poros nasional Sinjai-Bulukumba untuk sampai ke dasar air terjun dan dibutuhkan kondisi fisik yang prima dan tips khusus agar pengunjung tak lelah dan sesak.

“Tapi rasa lelah terbayar setelah melihat keindahan pemandangannya,” tambahnya.

Mendatangi Air terjun Baruttunge, akan sangat disayangkan apabila kita kesana pada musim kemarau. Dikarenakan airnya akan mengering. Namun sebagian anak air terjun tetap dialiri air dan beberapa sungai juga tetap menawarkan keindahan alam di hutan.

M.Asyraf, selaku pemuda mengatakan bahwa Air Terjun Baruttunge memiliki daya tarik sejak dulu untuk pengembangan sektor wisata dan menjadi pertumbuhan ekonomi kreatif.

Namun kurang perhatian oleh pemerintah dan akhir-akhir ini banyak lagi wisata yang berdatangan, terutama pada musim hujan seperti sekarang ini, apalagi para pedagang di sekitarnya mendapatkan juga keuntungan.

“Semoga akses menuju Air Terjun Baruttunge dapat bisa direalisasikan sehingga terkelola dengan baik, terarah dan transparan” harap Asyraf.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.

Penulis: HutomoEditor: Aisyah