Luar Biasa, Bhayangkara Expo dan Belasan Kegiatan Sukses Digelar Polres Magelang Kota

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata Polres Magelang Kota Polda Jawa Tengah sukses gelar Bhayangkara Expo yang berlangsung dari mulai tanggal 23 sampai dengan 26 Juni 2022. Kegiatan Bhayangkara Expo yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-76 tahun 2022 tingkat Polres Magelang Kota dengan menampilkan 55 UMKM. Juga ada stand pelayanan instansi pemerintah maupun swasta termasuk perbankan, 2 pentas musik serta 9 perlombaan dan kejuaraan.

Untuk acara puncak dari Bhayangkara Expo dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Juni 2022. Acara dipusatkan di halaman Aquatic Stadium Sport Center atau Gelora Sanden, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

Acara diawali dengan pembukaan Bhayangkara Expo yang dihadiri oleh Forkopimda dan para Komandan TNI di Kota Magelang. Juga pimpinan instansi pemerintah dan swasta termasuk perbankan, serta Ketua KONI Kota Magelang.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan puluhan Balon oleh Kapolres Magelang Kota dilanjutkan senam dan menari Tari Gugur Gunung bersama. Diikuti seluruh yang hadir termasuk komunitas senam dan kaum ibu, seluruhnya kurang lebih 1.000 orang.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M. menuturkan, seperti rencana awal selama 2 hari yaitu tanggal 25-26 Juni 2022 ditampilkan sebanyak 55 UMKM dari masyarakat Kota Magelang.

“Serta pelayanan instansi pemerintah, maupun swasta termasuk perbankan serta pelayanan kesehatan,” terangnya, Senin (27/06/2022).

Terdapat 2 pentas musik, lanjut Kapolres, yaitu Parade Musik Akustik selama dua hari tanggal 25-26 Juni 2022 mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB. Dengan menampilkan grup Duaja Akustik dari Polres Magelang Kota Naga Pakca Acoustic Armed 3/Tarik, Magna Band, Sisi Cerita, Magestic (Bank Jateng), Proyek Main Hati, Sang Coustik.

“Yang kedua adalah pentas Musik Kolaborasi Polres Magelang Kota dengan Bea Cukai Magelang dan UPT Disparpora Kota Magelang pada Sabtu (25/06/2022) malam,” lanjutnya.

Untuk 9 perlombaan dan kejuaraan olahraga digelar selama 4 hari dimulai pada tanggal 23-26 Juni 2022. Yang pertama untuk lomba Driving Contest yang diikuti 60 peserta kendaraan roda dua serta roda empat 18 peserta dari perwakilan komunitas otomotif. Sementara Road Race dilombakan 15 Kelas yang diikuti 91 peserta.

“Kedua kegiatan tersebut diikuti peserta dari Kota dan Kabupaten eks Karesidenan Kedu dan digelar di halaman Sport Center (Gelora Sanden) selama dua hari tanggal 23 sampai 24 Juni 2022,” kata Yolanda.

Pada hari ketiga Sabtu tanggal 25 Juni 2022 dilangsungkan final sepak bola antara Pemkot Magelang melawan Peradi Magelang di Stadion dr. Moch Soebroto yang dimenangkan kesebelasan Pemkot Magelang melalui adu pinalti dengan skor 8-7. Dan untuk juara tiga diberikan kepada kesebelasan PWI Kota Magelang dan BRI Magelang (juara bersama). Di mana pertandingan sepak bola sudah dimulai dua minggu yang lalu.

Pertandingan olah raga selanjutnya yaitu Tenis Lapangan dengan peserta Para Purnawirawan Polri se-Jawa Tengah. Digelar di Lapangan Tenis Moncer Serius Sport Center.

Untuk perlombaan Lomba Barista dengan kegiatan Bhayangkara Brewer Championship diikuti 18 peserta pecinta kopi yang berasal dari Kota dan Kabupaten Magelang berlangsung dari siang hingga malam hari.

Pada hari keempat Bhayangkara Expo, Minggu (26/06/2022) masih tetap menampilkan 55 UMKM pelayanan instansi pemerintah maupun swasta termasuk perbankan, pelayanan kesehatan dan Parade Musik Akustik.

“Untuk perlombaan dan pertandingan olahraga pada hari keempat terdapat 4 kegiatan. Yaitu pertama lomba Mancing Gembira digelar di saluran Kali Bening sepanjang depan Sport Center Sanden. Di mana masyarakat yang memiliki hobi memancing siapa saja boleh ikut dan gratis,” ujar Kapolres Yolanda.

Yang menarik, terdapat dari ribuan ikan yang disebar oleh panitia terdapat dua ikan lele dengan berat 15 kg dan ikan tersebut dilepas oleh Kapolres Magelang Kota saat pembukaan. Selain mendapatkan ikan hasil pancingan, beberapa peserta yang beruntung juga mendapatkan doorprize menarik yang disediakan panitia.

Diperkirakan masyarakat yang mengikuti kurang lebih 1.500 orang. Selain untuk memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-76, kegiatan Mancing Gembira juga untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2022.

Adapun perlombaan selanjutnya yaitu Turnamen Catur bekerjasama dengan Percasi Kota Magelang yang diikuti peserta dari Kota dan Kabupaten eks Keresidenan Kedu. Pertandingan ini gelar di GOR Samapta Aquatic.

“Perlombaan kedua yaitu kejuaraan Menembak Kapolres Cup 2022 yang bekerjasama dengan Perbakin Magelang dengan mempertandingkan 8 Kelas. Lomba ini berlangsung di Stadion Abu Bakrin dan yang diikuti peserta dari Kota dan Kabupaten Eks Karesidenan Kedu,” terang AKBP Yolanda.

Pertandingan terakhir yaitu Turnamen Karate Kapolres Open Cup I Tahun 2022 yang juga diikuti peserta yang berasal dari Kota Magelang dan Kabupaten Se-eks Karesidenan Kedu. Pertandingan yang berlangsung dari pagi hingga malam hari mempertandingkan 10 Kelas dan 3 Juara Umum.

Seluruh perlombaan dan kejuaraan olahraga dibuka oleh Kapolres Magelang Kota bersama Forkopimda, Ketua KONI Kota Magelang, dan ketua persatuan olahraga yang membidangi. Dalam penyerahan piala dan hadiah dilangsungkan setelah selesai kegiatan dan telah diketahui pemenang dan juaranya pada hari itu juga.

Penanggungjawab seluruh rangkaian kegiatan menyemarakkan hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 khususnya Bhayangkara Expo adalah Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang. Atas suksesnya seluruh kegiatan dari awal hingga akhir, dia merasa sangat senang.

“Terima kasih kepada seluruh pihak atas kerja sama dan dukungannya. Sehingga Bhayangkara Expo berjalan sesuai dengan rencana,” ucap Kapolres Yolanda.

Diketahui peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 ini mengusung tema “Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh”.

“Kami merasa senang bisa mengajak masyarakat ikut merasakan kemeriahan peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 pada tahun ini dengan mengadakan beberapa kegiatan,” pungkas Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.