Prajurit Yonarmed 11 Kostrad Bangun Jalur Evakuasi dan Hijaukan Gunung Telomoyo

Bersama warga, Prajurit Yonarmed 11 Kostrad membangun jalur evakuasi di obyek wisata Gunung Telomoyo Dusun Dalangan, Kelurahan Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (12/08/2022). (foto: Iwan SJ)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Pembinaan teritorial (binter) Yonarmed 11 Kostrad masih berlanjut di obyek wisata Gunung Telomoyo, Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Usai membersihkan area wisata dan membantu merenovasi masjid, dengan semangat menggelegar kini membangun jalur evakuasi dan menghijaukan Gunung Telomoyo dengan menanam bibit pohon resapan mata air, Jumat (12/08/2022).

Antusias mempercantik Gunung Telomoyo menjadi destinasi wisata unggulan, menjadi prioritas Yonarmed 11 Kostrad Guntur Geni. Dalam penghijauan di lokasi wisata alam tersebut ditanam 77 bibit pohon berbagai jenis, jumlah ini selaras dengan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 ini.

Guna melestarikan mata air, Prajurit Yonarmed 11 Kostrad menanam bibit pohon penangkap dan penyimpan air, seperti bibit pohon beringin, aren dan trembesi. (foto: Iwan SJ)

Sebelum memulai kegiatan, Danyonarmed 11 Kostrad Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem mengatakan, jenis bibit pohon yang ditanam adalah pohon yang mampu menyerap dan menyimpan air. Sehingga diharapkan pada musim kemarau, di lokasi ini tidak terjadi kekeringan.

“Seperti bibit pohon beringin, aren dan trembesi. Kita harapkan dapat tumbuh dengan baik yang nantinya mampu menangkap air hujan, menyerap dan menyimpan cadangan air. Sehingga mata air di Gunung Telomoyo tetap lestari mengalir, meskipun musim kemarau,” ujar Mayor Gde Adhy.

Tidak hanya menanam bibit pohon, para Prajurit Guntur Geni juga membangun jalur evakuasi guna mencegah terjadinya kecelakaan bagi wisatawan yang berkunjung. Kegiatan dilakukan bersama warga setempat dengan penuh semangat gotong-royong.

“Kolaborasi gotong-royong dengan masyarakat di sekitar merupakan wujud kepedulian Satuan Yonarmed 11 Kostrad dalam ikut membantu dan menjaga wilayah desa binaan,” tandas Danyonarmed.

Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra mengungkapkan, dirinya selalu mendukung serta ikut membantu masyarakat yang berada di wilayah desa binaan. Tentu dengan program-program binter yang kreatif, inovatif dan mampu dilaksanakan bersama-sama.

“Semoga dengan kegiatan penanam bibit pohon resapan air serta membantu masyarakat desa dalam membuat jalur evakuasi membuat objek wisata Gunung Telomoyo bersih, asri dan nyaman bagi pengunjung. Kita mendukung semaksimal mungkin agar wisata alam Gunung Telomoyo menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Magelang,” pungkas Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.