Enam Pendidik Windusari Magelang Seminarkan Hasil Penelitian

Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang Azis Amin Mujahidin, M.Pd membuka acara Seminar PTK/PTS di Aula Korwil Disdikbud Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang, Sabtu (13/08/2022). (foto: Iwan SJ)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Sebanyak 6 pendidik di lingkungan Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang menyeminarkan hasil penelitian. Seminar dilaksanakan di Aula Korwil Disdikbud Kecamatan Windusari Jalan Kyai Arif No. 5 Windusari, Magelang, Sabtu (13/08/2022).

Seminar dibuka oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang Azis Amin Mujahidin, M.Pd pada pukul 09.50 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut Korwil Disdikbud Kecamatan Windusari Drs. Murtadho, para Kepala Sekolah, para penyaji hasil penelitian dan para Reviewer.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang Azis Amin Mujahidin, M.Pd mengapresiasi para penyaji penelitian dalan seminar tersebut. Menurutnya Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTK/PTS) sangat praktis bagi para pendidik untuk mengumpulkan angka kredit guru.

“Namun jauh lebih penting, tindakan penelitian yang dilakukan oleh kepala sekolah atau guru memiliki manfaat yang besar. Yaitu untuk meningkatkan kompetensi siswa dan guru yang bersangkutan,” kata Azis.

Selanjutnya Azis menandaskan bahwa banyak materi di lingkungan sekolah untuk dijadikan bahan penelitian. Mulai dari pembelajaran project, pendidikan karakter, penguatan karakter Pancasila, dan sebagainya.

Dikatakan Azis, penelitian akan membuat guru peneliti lebih rajin membaca dan menulis, yang dapat menjadi sebuah kebiasaan dan hobi. Maka tidak menutup kemungkinan guru akan menjadi penulis buku yang aktif, bahkan dapat menambah nilai ekonomi secara pribadi dengan memiliki market place dari karyanya.

“Selain itu, tulisan atau buku karya guru dapat menjadi referensi penelitian yang lain, referensi peningkatan keterampilan, bahkan menjadi trauma healing bagi beberapa pihak. Karena dengan membaca sebuah tulisan atau buku, seseorang dapat menghilangkan trauma dan menambah motivasi hidup,” tutur Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang ini.

Terkait hal itu, Azis mengimbau para kepala sekolah dan guru di Windusari untuk membentuk forum-forum ilmiah guru. Yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, bertukar pendapat, melakukan penelitian, dan kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya.

Dalam seminar masing-masing penyaji diberi waktu 15 menit. Mereka adalah Eko Subiyanto, M.M.Pd (Pengawas), Nur Chajati (Kepala SD), dan empat guru kelas masing-masing Manap, Pas Binasih, Tri Heri Irawan, dan Muhammad Arif Chariri.

Selaku Reviewer dihadirkan Ulul Azam, S.Psi, S.Pd, M.Pd, Ph.D, CPHRM, CPTL dari Azzam Learning Center (ALC) dan Dr. Christina Ismaniati, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.