Purna Bakti, 5 Purnawirawan Polri Dilepas Kapolres Magelang Kota

Berita | DAERAH
Lima Purnawirawan Polri Purna Bakti dilepas dengan upacara Pedang Pora di halaman Mapolres Magelang Kota, Senin (05/09/2022). (foto: Iwan SJ)

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Polres Magelang Kota Polda Jawa Tengah menggelar upacara Wisuda Purna Bakti, bertempat di lapangan Mapolres Magelang Kota. Sebanyak 5 anggota Polres Magelang Kota dilepas oleh Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda E. Sebayang, S.I.K., M.M., Senin (05/09/2022).

Hadir dalam upacara tersebut para pejabat utama, 5 Purnawiran Polres Magelang Kota, para personel Polri dan ASN Polri Polres Magelang Kota serta Bhayangkari cabang Magelang Kota. Adapun 5 Purnawiran tersebut yaitu Iptu Suwartono, Aiptu Winarno, Aiptu Agus Priyanto, Aiptu Slamet Paryoto dan Aiptu Subandiyoto.

Upacara Wisuda Purna Bhakti merupakan sebuah tradisi Kepolisian yang dikemas melalui sebuah upacara resmi sebagai penghargaan dan pelepasan Purnawirawan anggota Polri yang masuk masa pensiun. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda E. Sebayang.

“Hari ini juga merupakan hari yang sangat istimewa khususnya bagi para wisudawan. Karena Saudara telah berhasil melewati perjalanan pengabdian yang panjang dan penuh kesetiaan. Mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara melalui Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ujar Kapolres Yolanda.

Upacara ini digelar sebagai wujud penghargaan institusi Polri atas pengabdian para wisudawan sebagai bagian dari tradisi polri yaitu untuk melepas personel Polri. Juga sebagai wadah komunikasi para purnawirawan dengan anggota Polri yang masih aktif sebagai generasi penerusnya.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama kesatuan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Atas perjuangan dan pengabdian Saudara-Saudara kita yang telah memasuki purna bakti dalam mengabdikan diri di institusi Polri yang kita cintai ini,” lanjut Kapolres.

Menurut Kapolres Magelang Kota, upacara Wisuda Purnawirawan pada hakikatnya merupakan penghargaan yang tulus. Juga ungkapan rasa hormat setinggi-tingginya dari kesatuan atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa tugas, bagi anggota Polri yang memasuki masa pensiun.

Kapolres berharap kepada segenap anggota yang telah purna tugas, meskipun sudah tidak aktif berdinas di Kepolisian, agar tetap menjadi contoh dan teladan baik dalam bermasyarakat di lingkungannya. Serta terus menjalin silaturahmi kepada anggota Polres Magelang Kota yang masih aktif berdinas.

“Berikan masukan atau saran demi kemajuan Polri di masa yang akan datang. Serta kiranya dapat membantu kami dalam menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing. Dengan menjadi contoh suri tauladan yang baik bagi warga masyarakat sekitar,” harap Kapolres Magelang Kota.

Usai upacara wisuda, anggota yang purna bakti diarak mengelilingi Alun-Alun Kota Magelang dengan mengendarai kendaraan. Hal tersebut merupakan tradisi rutin di lingkungan Polres Magelang Kota, saat ada anggota Polres Magelang Kota memasuki masa pensiun. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.