Cegah Pelanggaran Bagi Prajurit dan PNS, Akmil Gelar Gaktib

Berita | DAERAH
Akademi Militer mencegah pelanggaran bagi prajurit dan PNS melalui penegakan ketertiban berkendara, Kamis (29/09/2022). (foto: Penhumas Akmil/Iwan SJ)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Penegakan ketertiban (Gaktib) digelar oleh petugas Bagian Pengamanan (Bagpam) dan Provost Akademi Militer (Akmil) dengan dipimpin Kasipampers Bagpam Mayor Inf Sunardi. Operasi ini dilaksanakan di Pintu Kranggan dan Pintu GOR Akademi Militer Magelang, Kamis (29/09/2022).

Mayor Sunardi dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan Gaktib dilaksanakan secara rutin sebagai langkah untuk mencegah terjadinya pelanggaran. Baik Militer (TNI) maupun PNS yang berada di Kesatrian Akmil.

“Dengan harapan bagi organik yang berada di Kesatrian Akmil selalu disiplin dalam berlalu lintas, taat aturan, taat hukum. Serta selalu melengkapi surat-surat dan kelengkapan kendaraan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik di lingkungan TNI maupun di lingkungan sipil,” terangnya.

Mayor Sunardi menjelaskan, sasaran Gaktib meliputi pemeriksaan kelengkapan dan surat-surat kendaraan bermotor dinas maupun pribadi. Termasuk melakukan penegakan ketentuan terhadap surat-surat atau kartu identitas (KTA), surat izin, perlengkapan TNI/Gamad termasuk surat senjata api (senpi).

“Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan pemeliharaan kondisi disiplin organik di Jajaran Kesatrian Akmil. Yang meliputi Organik Akmil dan Resimen Chandradimuka (Mencandra) maupun satuan pendidikan pertama prajurit karier (Satdikmapa PK),” jelasnya.

Dalam pelaksanana Gaktib tersebut tidak ditemukan pelanggaran-pelanggaran berat, tetapi ada beberapa pelanggaran ringan.

“Di antaranya kelengkapan kendaraan dan surat identitas, seperti STNK karena ketinggalan, lampu kendaraan mati, dan kaca spion tidak lengkap,” pungkas Mayor Sunardi. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.