Angin Kencang Terjang Windusari Magelang, Belasan Rumah Rusak

Berita | DAERAH

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Angin kencang disertai hujan menerjang belasan rumah penduduk di Dusun Gopaan Desa Genito Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang, Sabtu (01/10/2022). Peristiwa yang terjadi sekira pukul 15.15 WIB tersebut sempat membuat suasana mencekam di dusun yang terletak di lereng gunung Sumbing sisi timur itu.

Sebuah bangunan tempat merajang tembakau yang roboh akibat diterjang angin kencang, di Dusun Gopaan, Desa Genito, Windusari, Sabtu (01/10/2022). (foto: Iwan SJ)

Menurut Babinsa Desa Genito Serma Eko Basuki sekira pukul 15.00 WIB turun hujan dengan intensitas sedang, namun selanjutnya disertai angin yang berhembus kencang dari arah tenggara.

“Hembusan angin mengakibatkan genting rumah penduduk beterbangan. Bahkan ada bangunan yang beratapkan seng roboh,” kata anggota Koramil 04/Windusari ini.

Kejadian tersebut segera dilaporkan ke pihak-pihak terkait, seperti Pejabat Forkopimcam Windusari, BPBD Kabupaten Magelang, OPRB Windusari. Selanjutnya dilakukan koordinasi dan penanganan bencana.

“Kami dengan segera membantu penanganan dan evakuasi warga. Sekira pukul 17.15 WIB kami berhasil mengidentifikasi kerusakan rumah warga. Penanganan sementara kami hentikan dan akan kita lanjutkan besok pagi (Minggu, 02/10/2022) mengingat cuaca tidak memungkinkan dan listrik padam,” ungkap Serma Eko Basuki.

Dalam penanganan sementara sore itu turut terlibat BPDB (6 orang), Relawan OPRB Windusari (5 orang), Relawan OPRB Bandongan (1 orang), Relawan Bagana (6 orang). Serta dibantu oleh warga setempat yang dipimpin Kepala Dusun Gopaan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Tercatat 17 rumah warga rusak ringan, dan satu bangunan tempat rajang tembakau roboh,” pungkas Serma Eko Basuki.

Dihubungi lewat WhatsApp, Danramil 04/Windusari Kapten Inf Winarya membenarkan atas kejadian bencana alam tersebut. Dikatakan, mengingat cuaca mulai gelap dan listrik padam, penanganan akan dilanjutkan Minggu (02/10/2022) pagi.

“Kita akan terjunkan anggota untuk bergabung dengan personel dari BPDB, OPRB, para relawan dan warga setempat untuk membantu warga terdampak bencana angin kencang di Dusun Gopaan itu,” kata Kapten Winarya. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.