Di Akademi Militer, Kasad Resmikan Museum Abdul Djalil dan Fasilitas untuk Taruna

Berita | News | PENDIDIKAN
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. meresmikan Museum Taruna Abdul Djalil Akademi Militer, Jumat (11/11/2022). (foto: Penhumas Akmil/Iwan SJ)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. meresmikan dan melakukan penandatanganan prasasti Museum Taruna Abdul Djalil. Serta meresmikan renovasi lintasan Atletik Sintetis Saptamarga, Renovasi Paviliun Taruna, renovasi Flat Taruna dan peresmian Gereja Santo Mikael Panca Arga. Kegiatan bertempat terpusat di Museum Taruna Abdul Djalil Akademi Militer Magelang, Jumat (11/11/2022).

Kasad Dudung dalam sambutannya sebelum peresmian menyampaikan, pada saat dirinya menjabat Wakil Gubernur Akademi Militer, lapangan Sapta Marga lintasannya sudah menggelembung dan berbahaya apabila Taruna lari di lintasan tersebut. Begitu juga di kolam renang Piere Tendean Akmil selama 6 (enam) tahun belum pernah diperbaiki.

“Akhirnya saya datang ke Mabesad untuk mengajukan pembangunan kolam renang Akademi Militer, kemudian diperbaiki. Museum Taruna kondisinya masih seperti itu, kemudian dibangun menjadi lebih modern, termasuk Flat Taruna juga diperbaiki,” ungkapnya.

Untuk tempat ibadah, lanjutnya, dilaksanakan juga renovasi Gereja Santo Mikael Panca Arga. Serta pembanguna Gereja Katholik Ignatius Slamet Riyadi, Gereja Protestan Imanuel. Kemudian Pura Kawiswara di dalam Kesatrian Akademi Militer untuk ibadah para Taruna Akademi Militer,” tuturnya.

Kasad berpesan kepada para Alumni Akademi Militer yang hadir, bahwa mereka ini berangkat awal dididik dari Akademi Militer . Sehingga jangan lupa dari mana berasal, peribahasa kacang lupa kulitnya, harus selalu ingat dari mana mereka berasal.

“Alhamdulillah sekarang Museum Taruna Abdul Djalil sudah dimodernisasi, karena di museum ini hampir tiap saat anak-anak sekolah atau masyarakat banyak yang datang berkunjung. Apalagi sekarang kondisinya sudah bagus dan modern, tentunya akan lebih banyak lagi menarik minat anak sekolah dan masyarakat yang ingin berkunjung ke museum ini,” lanjutnya.

Keberadaan museum sebagai pusat pengetahuan dan sejarah yang bernuasa modern dapat meningkatkan wahana pariwisata milenial di Magelang. Sehingga dapat menunjang operasional Pendidikan Akademi Militer sebagai “Center of Excellence”.

“Atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa hari ini Jumat 11 November 2022 Modernisasi Museum Taruna Abdul Djalil Akademi Militer secara resmi dibuka dan terbuka untuk umum,” ucap Kasad Jenderal Dudung Abdurachman. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.