Latihan Praja Bakti Hari Keempat Dilaksanakan Penyempurnaan Sasaran Fisik dan Non Fisik

Berita | DAERAH | PENDIDIKAN | Sosial
Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar Kompi Latihan A Latihan Praja bakti menyelesaian pembukaan jalan sepanjang 200 meter dengan lebar 2 meter di Dusun Branti, Desa/Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Kamis (24/11/2022). (foto: Penhumas Akmil/ Agus)

TEMANGGUNG JATENG, Suara Jelata Di hari keempat Latihan Praja Bakti TP 2022/2023 Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar tinggal mengerjakan penyelesaian dua kegiatan fisik dan tiga kegiatan non fisik. Kegiatan fisik berupa finising pengecoran jalan desa dan perbaikan saluran air, sedangkan kegiatan non fisik mencakup Komuniksi Sosial (Komsos) dan Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil), yaitu silaturahmi di Kecamatan Kaloran dan Kandangan, Kabupaten Kudus, Kamis (24/11/2022).

Komandan Latihan, Danyontar TK. II/Dewasa Mentar Akmil Letkol Inf Hermanto menuturkan seluruh sasaran sudah tahap penyempurnaa/finishing.

“Hari ini, Taruna bersama masyarakat bahu-membahu menyempurnakan sasaran fisik yang belum selesai, diharapkan pada hari kelima semua sektor selesai mencapai 100%,” tuturnya.

Danyon juga mengungkapkan rasa syukur karena dalam pengerjaan selama latihan ini berjalan dengan baik, aman serta lancar dan cuaca pun sangat medukung.

“Sehingga target sasaran yang telah ditetapkan lembaga dapat tercapai, meskipun waktu pelaksanaan latihan sangat terbatas,” ungkapnya.

Lebih lanjut Danyontar menyampaikan Kompi Latihan A melanjutkan pembukaan jalan sepanjang 200 meter dengan lebar 2 meter di Dusun Branti, Desa/Kecamatan Kandangan, pengecatan MCK Umum. Serta normalisasi saluran air sepanjang 100 meter di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Kandangan.

Selanjutnya Kompi Latihan B melanjutkan pembuatan saluran air (gorong-gorong) panjang 7 meter lebar 1 meter di Dusun Rowoseneng, Desa Ngemplak, penimbunan tanah saluran irigasi 400 meter di Dsusun Klodran, Desa Ngemplak, Kecamatan Kandangan.

“Untuk Kompi Latihan C melaksanakan pengaspalan jalan sepanjang 150 meter dan lebar 4 meter di Dusun Noroyagen, Desa Gandulan, pengecoran jalan usaha tani sepanjang 150 meter dengan lebar 2,5 meter di Dusun Mlondang, Desa Gandon, Kecamatan Kaloran,” lanjutnya.

Serta Kompi Laithan D, lanjut Danyontar, di hari ketiga pengecoran jalan usaha tani 150 meter lebar 1,5 meter di Dusun Pencarkandangan, Desa Tempuran dan pemasangan pipa air bersih sepanjang 150 meter di Dusun Janggleng, Desa Tlogowungu, Kecamatan Kaloran.

Juga seluruh Kompi Latihan melaksanakan kegiatan non fisik yang mencakup Komsos (Komuniksi Sosial) dan Bintahwil (Pembinaan Ketahanan Wilayah) masyarakat sekitar baik di Kecamatan Kaloran maupun di Kecamatan Kandangan.

“Latihan Praja Bakti ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Taruna, terutama dalam mengaplikasikan materi pelajaran pengetahuan teritorial di tengah-tengah masyarakat, yang nantinya akan diterapkan dalam penugasan di satuan jajaran TNI AD,” harapnya. (Agus)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.