Akibat Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Rumah di Desa Siandong Terendam Air

DAERAH

BREBES JATENG, Suara Jelata Akibat curah hujan tinggi, beberapa wilayah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah terendam banjir. Salah satunya di Desa Siandong Kecamatan Larangan.

Diketahui air masuk menggenangi rumah warga pada, Sabtu (7/1/2023) malam.

Tarwud (52) seorang warga Desa Siandong RT 06 RW 05, saat di konfirmasi awak media membenarkan, bahwa rumahnya sudah dua kali ini.

“Kebanjiran masuk rumah saya, akibat curah hujan tinggi sehingga air dari luapan kali sebelah barat rumah meluap masuk kerumah,” tuturnya.

 

Tarwud mengungkap, pertama kali luapan air kali masuk ke rumah yakni pada hari Rabu malam pukul 23:00 wib sampai dengan 04:00 wib.

 

“Dan luapan air masuk kerumah saya yang ke dua pada hari Sabtu malam pukul 21:00 wib sampai dengan pukul 05:00 wib, sedangkan air yang masuk ke rumah mencapai ketinggian kurang lebih,50 centi meter,” terangnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Siandong Tahmid saat dihubungi melalui sambungan seluler membenarkan, bahwa di Desanya beberapa rumah warga kebanjiran dan air juga masuk menggenangi pemukiman warga.

 

“Adapun titik pemukiman warga yang terdampak banjir luapan air sungai yaitu di wilayah RW 02,03,04,05 dan RW 06.” jelasnya.

 

Selaku pemerintah Desa, lanjut Tahmid, dia sangat berharap kepada Pemerintah Daerah khususnya pihak-pihak terkait, supaya ada respon dan tanggapan serta penanganan yang serius untuk mencari solusinya.

 

“Contohnya seperti adanya pembangunan talud atau penyangga kali sungai yang terletak di tengah pemukiman warga, agar di kemudian hari saat curah hujan tinggi tidak lagi masuk ke rumah warga.”pungkasnya. (Olam)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.