Tim Seleksi Zona 1 Sosialisasi Penerimaan Calon Anggota Bawaslu di Kabupaten Sinjai

News
Timsel Bawaslu Kabupaten/Kota Zona 1 Sulawesi Selatan, Dr. Mardia, Muhammad Ridha, Muh. Nawir didampingi Komisioner Bawaslu Sinjai Ahmad Ismail saat mengelar sosialisasi di salah satu Cafee di Kota Sinjai/Zh

Sinjai, Suara Jelata—Tahapan pendaftaran dan seleksi calon Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan zona satu segera dibuka. Jumat, (26/5/2023).

Hari ini mereka mengadakan sosialisasi di Kabupaten Sinjai yang dihadiri oleh Timsel Bawaslu Dr. Mardia, Muhammad Ridha dan Muh. Nawir.

Hal ini mengacu pada Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor : 176/KP.01/K1/05/2023.

Tim seleksi anggota Bawaslu Kabupaten/kota Zona 1 meliputi Kabupaten Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Kepulauan Selayar.

Timsel melakukan sosialisasi ke kabupaten Sinjai dengan bersilaturrahim kepada semua organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Tujuannya agar dapat menyampaikan kepada kader-kader organisasi untuk mengikuti seleksi calon komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota.

Rencananya Timsel akan mulai dibuka pendaftarannya pada tanggal 29 Mei hingga 7 Juni 2023 mendatang.

Timsel Bawaslu Sulawesi Selatan zona satu, Dr. Mardia menyampaikan, bahwa saat ini pendaftaran calon anggota Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota sudah memasuki tahapan sosialisasi.

“Saya berharap agar informasinya diterima merata dan terbuka semua informasi kepada masyarakat serta bisa juga melihat secara daring dan pengumuman yang telah disebarluaskan” katanya.

Persyaratan Calon Anggota Bawaslu Kab/Kota, Warga Negara Indonesia, Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 30 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Kemudian, mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur dan adil. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu.

Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat. Berdomisili di wilayah Kabupaten/Kota Pembentukan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Selanjutnya, mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar sebagai calon.

Bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah apabila terpilih menjadi anggota Bawaslu Kabupaten/Kota.

Bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila telah terpilih menjadi anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang dibuktikan dengan surat pernyataan.

Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih menjadi anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang yang dibuktikan dengan surat pernyataan.

Tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu dan bagi Pegawai Negeri Sipil melampirkan Surat Izin dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat yang berwenang.

Mardia mengungkapkan mengajukan surat lamaran yang ditujukan kepada Tim Seleksi Bawaslu Kab/Kota Zona 1 Hotel Horison Ultima Makassar Jl. Jend. Sudirman No. 24, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115 atau email timselbawaslusulselzona1@gmail.com

Dengan melampirkan, yakni surat lamaran yang ditujukkan kepada Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, berupa Fotocopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Pas foto warna terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 5 lembar, Foto copy ijazah pendidikan terakhir yang sudah disahkan/dilegalisir oleh instansi yang berwenang.

Kemudian, Daftar Riwayat Hidup (DRH), Surat pernyataan setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus Tahun 1945.

Surat pernyataan tidak pernah menjadi anggota Partai Politik sekurang-kurangnya dalam 5 tahun terakhir.

Surat keterangan dari pengurus partai politik bahwa yang bersangkutan tidak lagi menjadi anggota partai politik dalam jangka waktu 5 tahun terakhir (bagi yang pernah menjadi pengurus partai politik).

Surat pernyataan bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah bagi calon yang sedang menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah.

Pelamar yang mengantar langsung dokumen pendaftaran agar membawa softcopy dokumen pendaftaran dalam bentuk format file pdf. Dibuat masing-masing rangkap 3 terdiri dari 1 asli dan 2 salinan.

Waktu penerimaan pendaftaran mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 7 Juni 2023. Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya.

Dia mengimbau kepada seluruh bakal calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Zona 1 untuk memperhatikan dengan jelas seluruh persyaratan dan tahapan pendaftaran serta tidak menyerahkan berkas pendaftaran diakhiri pendaftaran atau injuri time.

“Jadi, kalau ada berkas persyaratan yang kurang, bisa dapat segera diperbaiki dan dilengkapi,” bebernya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: Zh