Satlantas Polres Kendal Bangun Monumen Laka Lantas, Ternyata Ini Tujuannya

Berita | DAERAH | Polri
MONUMEN LAKA LANTAS. Kasat Lantas Polres Kendal Polda Jawa Tengah AKP Afiditya Arief saat meresmikan Monumen Laka Lantas di perempatan Ungup-Ungup, Kendal, Selasa (19/09/2023). (foto: Saerozim)

KENDAL JATENG, Suara Jelata Sebuah sepeda motor ringsek korban kecelakaan lalulintas terpajang di atas sebuah monumen, di perempatan Ungup-Ungup sebelum masuk jalur lingkar Weleri Kendal. Tidak hanya memajang sepeda motor yang ringsek, ada juga tulisan “Jangan Ikuti Jejak Kami” dan “Hati-Hati Rawan Kecelakaan” juga dipasang di monumen tersebut.

Sepeda motor yang sudah ringsek beserta tulisan peringatan itu sengaja dipajang di Monumen laka Lantas untuk pengingat bagi pengendara agar berhati-hati dalam berkendara.

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kasat Lantas Polres Kendal, AKP Afiditya Arief menegaskan, monumen ini sengaja dibuat di sekitar Ungup-Ungup yang merupakan jalur rawan kecelakaan di pantura Kendal.

Monumen Laka Lantas ini dibangun, sebagai bentuk peringatan kepada masyarakat pengendara agar lebih berhati-hati. Karena di wilayah ini rawan terjadi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian.

“Setidaknya setiap pengendara yang melintasi Monumen Laka Lantas ini akan tersadar ketika tidak berhati-hati bisa berakibat fatal,” ujarnya saat meresmikan monumen, Senin (18/09/2023).

Dikatakan, tugu atau monumen ini juga untuk mengedukasi warga dan pengguna jalan khususnya di Kendal untuk tidak mengikuti jejak seperti kendaraan yang terpajang di tugu tersebut.

“Ini bentuk edukasi agar selalu hati-hati dan tertib lalulintas,” imbuhnya.

Dikatakan juga, langkah Polres Kendal untuk menekan angka kecelakaan juga dilakukan dengan memasang rambu peringatan di wilayah yang rawan kecelakaan. Rambu imbauan ini dipasang di jalan tembus Ketapang-Patebon dan pantura Kaliwungu.

“Kita juga memasang rambu peringatan dan imbauan di jalur rawan kecelakaan. Seperti di jalan tembus di sekitar lokasi kecelakaan yang menewaskan 4 orang dan pantura Kaliwungu yang juga rawan kecelakaan,” terangnya.

Satlantas Polres Kendal juga terus menyosialisasikan tertib berlalu lintas kepada masyarakat dengan pelaksanaan Operasi Simpatik.

“Sosialisasi terus kita lakukan dengan memberikan imbauan dan peringatan kepada pengguna jalan. Mereka yang tertib tentu akan kita beri penghargaan berupa sembako untuk mereka,” pungkasnya. (Rozim)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.