Pastikan Mampu dan Siap Jalankan Tugas, Polres Brebes Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

DAERAH | News | Polri

BREBES JATENG, Suara  Polres Brebes Polda Jawa Tengah kembali melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) periodik (Berkala) selama 3 hari yang dimulai, Rabu sampai dengan Jumat, 27-29 September 2023.

Kegiatan yang digelar di Stadion Karangbirahi tersebut dibidangi oleh Bagian Sumber Daya (Bag SDM) untuk mengetahui kemampuan fisik anggota Polri dan ASN dilingkungan Polres Brebes.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq melalui Kabag SDM Kompol Pipit Witianingsih menyampaikan pelaksanaan TKJ tersebut wajib diikuti oleh seluruh personel Polri dan ASN Polres Brebes serta Polsek jajaran.

“Kegiatan TKJ dilaksanakan selama 3 hari dan wajib diikuti oleh anggota Polri, ASN dan seluruh personel dari Polsek jajaran,” kata Kabag SDM Kompol Pipit Witianingsih, Jumat (29/9/2023).

Disampaikan Kabga SDM, dalam TKJ tersebut para peserta harus melaksaakan beberapa tes. Tes tersebut sebaga alat ukur pengujian. Diantanya adalah lari 12 menit, Push Up, Sit Up, Pull Up dan Lari Shuttle Run.

“Untuk tahapan dalam tes jasmani yang diujikan ini, diantaranya lari keliling lapangan selama 12 menit, pull up, sit up, push up, dan shuttle run atau lari cepat membentuk angka 8,” terangnya.

Lanjut Pipit, sebelum melaksanakan TKJ seluruh anggota wajib melakukan pengecekan kesehatannya terlebih dahulu dari tim Dokkes Polres Brebes. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para personel.

“Sebelum mengikuti kegiatan ini, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari uji kesamaptaan jasmani yaitu untuk memastikan bahwa anggota Polri tetap dalam kondisi fisik yang prima dan sehat sehingga dapat menjalankan tugas-tugas mereka dengan efektif dan aman,” lanjutnya.

Diterangkan Kabag SDM, tes kesamaptaan ini digolongkan menjadi 4 golongan berdasarkan usia. Untuk yang berusia 18 – 50 tahun (Golongan I – III) harus melaksanakan seluruh ujian TKJ.

Sedangkan untuk yang berusia 51 – 58 tahun (Golongan IV) materi yang diujikan hanya berupa jalan kaki selama 20 menit atau dengan cara treadmill.

“Dengan memenuhi standar-standar yang ditetapkan dalam uji kesamaptaan ini, anggota Polri dapat memastikan bahwa mereka siap dan mampu menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik dan efektif,” pungkasnya. (Olam).

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.