Polsek Secang Terima Kunjungan Puluhan Anak Usia Dini

Berita | DAERAH | PENDIDIKAN | Polri
Kapolsek Secang AKP Sutarman menjelaskan kepada anak-anak tentang sosok anggota polisi, Selasa (06/02/2024). (foto: Narwan)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Polsek Secang menerima kunjungan puluhan anak-anak usia dini dari PAUD dan TK Al Amien Secang, Selasa (06/02/2024) pukul 08.00 WIB. Mereka diterima dengan ramah oleh Kapolsek Secang Polresta Magelang AKP Sutarman dan sejumlah anggota.

Ditemani guru pendamping, anak-anak langsung menyalami para polisi satu-persatu dengan tertib. Mereka pun kemudian diajak masuk ke Mapolsek setempat dan diberi materi terkait Polisi Sahabat Anak (PSA).

Kapolsek Secang AKP Sutarman menjelaskan kepada anak-anak tentang sosok anggota polisi. Mulai seragam dan kelengkapannya, tugas-tugas polisi, hingga makna tugas pokok anggota Polri, yaitu melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Selain itu, anak-anak PAUD dan TK Al Amien Secang ini dikenalkan dengan rambu-rambu lalulintas. Anak-anak tampak menyimak penjelasan Kapolsek dengan seksama, namun tetap santai layaknya di kelas mereka bersama guru masing-masing.

Kegiatan berakhir pukul 08.45 WIB dengan edukasi yang cukup pagi itu. Selanjutnya anak-anak diajak foto bersama Kapolsek dan anggota di depan Mapolsek.

Usai kegiatan, Kapolsek Secang menjelaskan terkait kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA). Dikatakan, Polisi merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta memberi perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Namun, kehadirannya di tengah masyarakat sering digambarkan sebagai sosok yang negatif. Nah, pandangan seperti ini yang kita tanamkan kepada anak-anak, bahwa polisi itu bukan sosok galak, ditakuti, atau arogan. Namun sejatinya polisi itu humanis dan cinta kepada anak-anak,” ujar AKP Sutarman.

Maka, lanjut Kapolsek, perlu edukasi yang berkelanjutan dari pihak kepolisian kepada masyarakat terutama remaja dan anak-anak. Hingga saat ini, AKP Sutarman mengatakan seluruh jajaran kepolisian termasuk Polsek Secang terus melakukan sambang sekolah. Salah satunya melalui program Police Goes to School atau menerima kunjungan siswa seperti pagi ini.

“Program Polisi Sahabat Anak (PSA) merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya pada anak-anak untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan. Agar dapat membiasakan kepada anak-anak usia dini hingga remaja untuk tertib berlalu lintas serta berdisiplin. Serta juga menumbuhkan kesadaran hukum sejak dini,” pungkas AKP Sutarman. (Nar)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.