Antsipasi Lonjakan Arus Balik, Polres Brebes dan Banyumas Siapkan Rekayasa Lalulintas

DAERAH | Polri

BREBES JATENG, Suara Jelata Antisipasi terjadinya lonjakan arus balik Lebaran 2024, Polres Brebes bersama Polresta Banyumas akan bekerjasama untuk berbagai upaya agar tidak terjadi penumpukan dan kemacetan kendaraan di jalur mudik dikedua wilayah tersebut.

Hal itu, tampak dalam rapat koordinasi antara 2 Polres yang digelar di Polsek Paguyangan Polres Brebes, Sabtu (13/4/2024) siang.

Dari Polres Brebes dihadiri langsung oleh Wakapolres Kompol Dodiawan bersama Kabag Ops Kompol Suraedi dengan didampingi Kapolsek Paguyangan, Kapolsek Bumiayu dan sejumlah perwira yang diterjunkan sebagai perwira pengendali (Padal) dalam pelaksanaan pengamanan operasi ketupat candi 2024 Polres Brebes.

Sedangkan dari Polresta Banyumas, dipimpin oleh Kasatlantas Kompol Galuh Pandega bersama sejumlah anggota.

Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq melalui Wakapolres Kompol Dodiawan dalam kesempatan tersebut menyampaikan terkait kesiapan pengamanan arus balik dari Selatan (Banyumas) ke arah Utara (Brebes). Kesiapan tersebut dengan melakukan rekayasa lalulintas (one way) lokal mulai dari perbatasan Banyumas dan Brebes di wilayah Kecamatan Paguyangan.

Disebutkan Wakapolres Brebes, bahwa untuk teknis pelaksanaan one way, ada dua rencana (opsi). Yakni , rute panjang dan rute pendek.

“Rute penjang akan sampai dengan jembatan pedes kecamatan Tonjong, sedangkan untuk rute pendek sampai dengan Rancakalong Bumiayu sesuai dengan kebutuhan dan melihat situasi arus nantinya,” kata Wakapolres.

Terkait pemberlakukan rekayasa tersebut, Dodiawan mengatakan untuk dikomunikasikan dan dikoordinasikan. Hal itu, untuk melakukan sterilisasi arus lokal terlebih dahulu.

Wakapolres juga menyebut, bahwa pihaknya telah menambah pos – pos strong point yang diisi oleh personil untuk membantu mengurai kemacetan serta pengamanan saat dilaksanakan rekayasa lalulintas.

“Ada tambahan personil dan sudah kami sebar di titik – titik rawan kemacetan serta sudah kami standbykan Tim Raimas guna urai kemacetan,” terang Dodiawan

Ditambahkan Wakapolres, pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan rekayasa arus lalu lintas dari Banyumas yang diarahkan ke Purbalingga sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan ke arah Brebes.

“Terimakasih kami sampaikan atas kerjasama dan koordinasi selama pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Harapannya, semua berjalan aman dan lancar,” pungkasnya. (Olam).

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.