311 Siswa SMP Negeri 4 Kota Ternate Ikuti UAS Berbasis Online

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Ternate bersama Kepsek SMP Negeri 4 Kota Ternate dan Panitia UAS. (foto: Ateng)

KOTA TERNATE MALUT, Suara Jelata Ujian Akhir Sekolah (UAS) berbasis online SMP Negeri 4 Kota Ternate pagi tadi memasuki hari kedua, Selasa (14/05/2024). Pelaksanaan UAS yang diikuti 311 siswa-siswi Kelas IX tersebut berlangsung aman, lancar dan tertib.

Sebagai Sekolah Penggerak (SP) yang saat ini telah memasuki tahun kedua, SMP Negeri 4 Kota Ternate untuk pertama kalinya di tahun pelajaran 2023/2024 melangsungkan UAS berbasis online. Guna memaksimalkan penyelenggaraan UAS berbasis online tersebut, seminggu sebelumnya telah dilangsungkan tryout atau uji coba, pada tanggal 6-7 Mei 2024.

Diwawancarai awak suarajelata.com, pada Selasa (14/05/2024) Ketua Panitia Pelaksana UAS SMP Negeri 4 Kota Ternate, Eka Setia Marwati, S.Pd mengatakan, peserta UAS disyaratkan membawa dan menggunakan HP juga laptop yang telah diaktifkan Email-nya. Sebut Eka, sekolah menyediakan fasilitas WiFi, namun aksesnya sedikit terkendala karena ada titik-titik tertentu yang berpotensi terjadi miss connection.

“Hal ini diduga akibat kondisi lahan sekolah yang cukup luas dan bertopografi kemiringan juga kontruksi gedung berlantai. Mencermati kondisi ini sekolah mengimbau kepada sebagian peserta untuk menyiapkan data sendiri,” ujar Eka.

Kepala SMP Negeri 4 Kota Ternate, Gunawan Abu Umar, S.Pd., M.M. mengatakan, demi mengantisipasi peserta yang tidak memiliki Handphone Android, sekolah menyediakan crombuk dan komputer di Ruang Laboratorium.

Demi efektivitas pelaksanaan UAS, jumlah peserta sebanyak 311 orang dengan perincian 160 laki-laki dan 151 perempuan. Selanjutnya ditempatkan dalam 16 ruang dengan perincian setiap ruang terdiri atas 20 siswa peserta UAS.

“Pengawas yang bertugas mengawasi pelaksanaan UAS diambil dari sekolah lain yakni, SMP Banau, SMP Albina dan SMP Nurul Hasan. Intinya sistem pengawasan yang diberlakukan adalah sistem pengawasan silang,” tutur Gunawan.

Gunawan mengatakan, merupakan sebuah langkah maju karena untuk pertama kalinya SMP Negeri 4 Kota Ternate menyelenggarakan UAS berbasis online. Berbagai kekurangan yang dihadapi saat pelaksanaan UAS mudah-mudahan ke depannya menjadi bahan evaluasi dan bisa lebih baik lagi.

“Terkait aplikasi di tahun berikutnya, Insya Allah lebih baik lagi. Karena kami sadari penggunaan aplikasi risikonya sangat tinggi kalau proteksi atau tingkat keamanannya kurang. Kali ini walau kami menggunakan google form, Alhamdulillah tingkat keamanannya bisa terjamin,” tukasnya.

Disambangi Kabid Pembinaan SMP

Di UAS hari kedua ini, Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Ternate, Mimi Ummu Halimah Rahman, S.E., M.Si. berkesempatan memantau pelaksanaan UAS di SMP Negeri 4 Kota Ternate.

Kepada awak suarajelata.com, Mimi mengatakan, jumlah keseluruhan sekolah tingkat menengah pertama (SMP) yang melaksanakan UAS baik negeri maupun swasta berjumlah 30 sekolah.

“Jumlah tersebut dengan perincian 15 sekolah negeri dan sisanya swasta,” ungkapnya.

Sekolah yang melaksanakan UAS secara online terdiri atas SMP Negeri 1, SMP Negeri 4, SMP Negeri 5, SMP Nurul Hasan dan SMP Albina.

“Saya berharap kepada seluruh peserta UAS baik yang pelaksanaannya berbasis online maupun tulis (manual) semoga semuanya bisa lulus dengan memperoleh nilai yang baik,” harap Mimi Ummu. (Ateng)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.