PHBI Desa Lembanna Kajang, Sukses Gelar Peringatan 1 Muharram

Berita | DAERAH | Sosial

BULUKUMBA SULSEL, Suara Jelata Panitia Hari Besar Islam Desa Lembanna Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, sukses menggelar acara peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, Sabtu (06/07/2024).

Kegiatan ini digelar di dua tempat yakni zikir malam tahun baru Hijriyah diadakan di Masjid Nurul Jannah Kampung Baru Desa Lembanna. Kemudian acara jalan santai serta senam sehat diadakan di Lapangan Jannaya Desa Lembanna.

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua PHBI Desa Lembanna Andi Muhammad Tasmira mengungkapkan, kegiatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat Desa Lembanna bahkan banyak masyarakat dari luar desa Lembanna.

Di Malam Tahun Baru 1 Muharram, tampak pelaksanaan zikir bersama dan tausiyah dipandu ustadz Hadi Kasmadja, turut dihadiri Kepala Desa beserta ibu. Juga Imam Desa Lembanna, Ketua BPD, perangkat desa, dan ratusan warga Lembanna memadati Masjid yang saat ini masih dalam tahap perbaikan.

“Peringatan ini kita rutinkan setiap tahun baru Hijriyah, linangan air mata jamaah mengiringi khusuknya kegiatan zikir di malam tersebut,” jelas Andi Tasmira, Minggu (07/07/2024).

Para jamaah begitu antusias mengikuti rangkaian zikir dan ditutup dengan doa bersama yang juga disempatkan berdoa untuk warga Palestina.

Adapun acara jalan santai dan senam, sejak pukul 06.30 WIT para warga mulai berdatangan menuju lapangan Jannaya, Lembanna, untuk mengikuti kegiatan jalan santai dan senam sehat.

Peserta jalan santai dilepas oleh Kepala Desa Lembanna Jamaluddin Sannai tepat pukul 07.30 WIT. Rute jalan santai telah ditetapkan oleh Panitia dan memutar kedua wilayah dusun yakni Jannaya dan Kampung Baru yang selanjutnya berakhir di lapangan Jannaya.

Peserta jalan santai yang berkisar 500-an orang, tampak antusias dan semangat di jalan dengan melantunkan sholawat secara bersama-sama. Rombongan jalan santai finish di lapangan Jannaya, dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah Hikmah 1 Muharram 1446 H yang dibawakan oleh Ustadz Nursalam, S.Pd.I.

Di akhir acara, diadakan pengundian nomor untuk mendapatkan doorprize yang telah disediakan PHBI Desa Lembanna.

Ada 100 bungkus hadiah doorprize yang disediakan mulai dari alat-alat dapur, dan alat elektronik juga alat sholat. Hadiah utama berupa kulkas dimenangkan oleh warga Dusun Tammadohong Desa Lembanna.

“Kesemua hadiah yang disiapkan tersebut merupakan donasi dari berbagai,” pihak ungkap Andi Tasmira.

Kepala Desa Lembanna, Jamaluddin Sannai di sela-sela acara mengungkapkan bahwa peringatan Tahun Baru Islam ini merupakan buah kerja solid dan kerjasama PHBI Desa Lembanna dan pemerintah Desa Lembanna.

“Terima kasih kepada seluruh warga Desa Lembanna dan semua pihak yang turut terlibat dalam acara ini. Semoga kegiatan ini menjadi rutinitas setiap tahun di Desa yang kita cintai ini,” tutupnya. (Izhar)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.