Pilkada Mendatang, Ketua KPU Manja L Damanik Perkirakan Pemilih Pemula di Brebes Meningkat

BREBES JATENG, Suara Jelata Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes mengadakan sosialisasi tahapan pemutakhiran data di sebuah Cafe yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Brebes, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka tahapan penyusunan daftar pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Brebes tahun 2024.

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain mengundang sejumlah tokoh partai politik, organisasi masyarakat/pemuda dan insan pers. KPU menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Brebes Mayang Sri Herbimo.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Manja Lestari Damanik, menyampaikan hasil pembaruan terbaru mengenai tahapan pendaftaran pemilih pada pemilihan serentak 27 November mendatang.

Manja Damanik mengungkapkan sejumlah tantangan yang dihadapi dalam proses ini, termasuk masalah ketidaksesuaian data pemilih.

“Dalam monitoring ke lapangan, kami menemukan beberapa nama yang terdaftar namun orangnya tidak ada. Ternyata, setelah ditelusuri, ada yang menggunakan nama samaran,” ujar Manja.

Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya mencari solusi untuk masalah ini agar proses pendaftaran pemilih dapat berjalan lancar.

Menurut Manja, saat ini progres pendaftaran pemilih telah mencapai 87 persen dan diharapkan selesai pada 24 Juli mendatang.

Untuk itu, Manja Damanik mengimbau agar masyarakat yang belum terdaftar untuk segera melaporkan diri ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Jika ada yang belum terdaftar, bisa langsung menghubungi kami untuk pengecekan lebih lanjut,” ujar Manja.

Ia juga menyebutkan bahwa jumlah pemilih baru diperkirakan cukup meningkat.

“Kami masih dalam proses verifikasi apakah peningkatan ini disebabkan oleh faktor tertentu, seperti perpindahan penduduk,” jelasnya.

Menurutnya, KPU Brebes terus berkomitmen untuk memastikan setiap warga yang memenuhi syarat dapat terdaftar dan menggunakan hak pilihnya pada pemilihan mendatang.

KPU Brebes juga menyerukan kepada masyarakat yang memiliki pertanyaan atau masalah terkait pendaftaran pemilih untuk menghubungi KPU Brebes melalui saluran komunikasi dan sosial media yang tersedia. (Olam).

 

 

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.