Harga Ikan di Sinjai Naik 2 Kali Lipat

DAERAH | News
Lokasi Pasar Sentral Sinjai

SINJAI, Suara Jelata— Cuaca buruk beberapa hari yang belakangan ini melanda Laut Sulawesi Selatan membuat aktifitas nelayan Sinjai Terhenti.

Dampak buruknya membuat harga ikan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Lappa melonjak hingga dua kali lipat dari harga biasanya.

Saenal, salah satu nelayan Bone yang selalu membongkar hasil lautnya di TPI Lappa Kabupaten Sinjai, mengaku sangat merasakan dampak dari cuaca yang beberapa hari kurang bersahabat saat melaut.

Dijelaskannya, harga ikan mulai naik di TPI Lappa disebabkan kondisi ombak di laut sangat tidak bersahabat, ditambah angin yang begitu kencang sehingga membuat mereka (nelayan) kesulitan untuk keluar menangkap ikan.

Untuk harga ikan Layang yang awalnya per rak’ (Ukuran 1 gabus) Rp. 400-450 untuk saat ini mencapai Rp.550-750 ribu.

“Harga Ikan sekarang per rak’nya mencapai Rp.500-750, tergantung dari ukuran ikannya. Kenaikan harga ikan disebabkan cuaca buruk, kami nelayan juga kesulitan untuk keluar mencari ikan karna resiko cukup besar, sehingga hasil tangkapan juga ikut menurun,” Ungkapnya. Kamis, (24 /1/2019).

Ditempat yang sama, salah satu pengusaha pengepul Ikan dari Kabupaten Sidrap, memaklumi dengan harga Ikan yang melonjak Tinggi.

“Kita harus maklumi, karna cuaca yang begitu tidak bersahabat, intinya kami tetap mengambil (membeli) Ikan nelayan, namun Volumenya dinkurangin, kalau biasanya kami mengambil 20 Gabus kami kurangi 5 sampai 8 Gabus lah,” Ujarnya.

Sementara harga ikan eceran di Pasar Sentral, membuat warga Sinjai tercengang, beberapa Ibu rumah tangga lebih memilih membeli telur, tahu dan tempe.

Eka, warga Balangnipa mengaku kaget dengan harga Ikan yang meroket .

“Ya cukup kaget dengan harga ikan saat ini. Saya berharap harga bisa kembali normal seperti sebelumnya karena ekonomi masyarakat kan beda-beda. Ada yang bisa beli walaupun harga ikan tinggi tapi seperti kami yang ekonomi rendah ya tidak bisa beli ikan, dan beralih ke telur, tahu dan Ttempe, bayangkan 7 ekor Ikan sebesar 2 jari harganya Rp.50-70 ribu,” Kuncinya.

Izhar/Aisyah

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.