Cacat Fisik, Pemuda Miskin Sinjai Ini Mengais Rejeki Jadi Tukang Cukur

SINJAI, Suara Jelata– Tubuhnya yang tidak normal, badannya yang sedikit bungkuk tidak membuat semangat Usman (40) menjadi redup untuk mencari sesuap nasi.

Dengan mengandalkan keahliannya mencukur rambut, semangatnya mencari nafkah untuk keluargaya tidak pernah surut.

Namun semangatnya tidak berbanding lurus dengan fasilitas yang ia miliki untuk melancarkan aktivitasnya mencari rezeki.

Hal ini melihat salon atau tempatnya yang terbuat dari bambu berukuran 2×4 meter dengan atap seng yang sudah bocor sehingga dengan mudah air hujan masuk kedalam Salonnya di Dusun Bongko, Desa Panaikang, Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai.

Baca Juga:  Warganya Suka Minum Ballo, Kades 'Cantik' di Sinjai Ini Dekati Istrinya

Selain tempatnya yang tidak masuk kategori layak untuk sebuah tempat cukur, penghasilannya pun tidak menentu.

Menurut pengakuan Usman, dalam sehari penghasilannya tidak menentu, kadang 5 ribu rupiah, kadang 10 ribu rupiah, bahkan tidak ada sama sekali apabila turun hujan.

Dengan kondisi tubuhnya yang tidak stabil, Usman hanya mampu berharap memiliki tempat pangkas rambut yang layak untuk menarik pelanggang.

Baca Juga:  Di Depan IAIM Sinjai, Mahasiswa Mendesak Statuta Kampus Diperlihatkan

Usman sendiri tinggal bersama ibunya yang kesehariannya berjualan kue di pasar untuk meringangkan beban Usman menfkahi keluarganya.

Tidak jauh beda dengan Usman, penghasilan ibunya dalam berjualan kue pun tidak menentu, kadang laku dan kadang juga tidak laku.

“Kalau ada rezeki, saya akan membangun dan memperbaiki tempat cukur saya menjadi lebih baik lagi untuk menarik pelanggang,” Kata Usman.

Nandar/zhenal