SRMI Demo di Kantor Bupati Magelang Jawa Tengah Minta BPJS Dibubarkan

Berita

Magelang, Suara Jelata – Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar aksi unjuk rasa di depan Pendopo Kantor Bupati Kabupaten Magelang, pada Rabu (29/1/2020).

Massa yang datang sekitar pukul 11.40 WIB di halaman Kantor Bupati sambil membawa spanduk dan poster bertuliskan, di antaranya “Bubarkan BPJS”, ada juga tertulis “Rakyat Tidak Kuat Bayar”.

Poster massa aksi.

Aksi massa dari SRMI ini menuntut BPJS dibubarkan. Pasalnya, sebagaimana disampaikan dalam orasinya, pelayanan BPJS belum memenuhi hak-hak rakyat miskin.

Bahkan, menurutnya, peserta BPJS tersebut belum mendapat pelayanan di tempat-tempat fasilitas kesehatan (Faskes), masih terdapat kesenjangan.

“Kita menuntut BPJS dibubarkan karena belum adil melayani rakyat. Termasuk pelayanan di RS belum memberikan pelayanan prima kepada peserta BPJS. Kepincangan itu sangat kita rasakan,” kata Muh Basam, Ketua SRMI Kabupaten Magelang.

Lanjut, yang lebih parah dalam pengelolaan BPJS ini, karena per-Januari 2020 telah diberlakukan kenaikan pembayaran iuran yang dinilai sangat membebani rakyat kecil. Sementara di satu sisi, perekonomian negeri ini belum stabil, ditambah harga kebutuhan pokok masih tinggi.

“Yang parah iuran BPJS ini naik. Sementara pelayanannya tidak adil dan terjadi kepincangan, dirasakan oleh rakyat. Dan, sebentar lagi tarif dasar listrik dan gas elpiji, menyusul naik. Ini beban hidup rakyat,” terang Basam.

Sementara itu, dari lokasi unjuk rasa, tampak petugas gabungan TNI, Personil Polres Magelang dan Satpol PP Pemkab Magelang mengamankan jalannya aksi itu.

Tampak pula belasan anggota Polwan Polres Magelang dan Satpol PP wanita, berbaris di depan demonstran.

(mhmd/ s j)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.