Manfaatkan Limbah Kayu, PKM STKIP Muhammadiyah Bone Berdayakan Ibu PKK Labuaja

  • Whatsapp

BONE, Suara Jelata— Suatu kebanggan bagi STKIP Muhammadiyah Bone karena tahun 2020 STKIP Muhammadiyah Bone kembali meraih prestasi yang baik karena berhasil meloloskan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebanyak 15 proposal.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yakni pada tahun 2019 STKIP Muhammadiyah Bone hanya bisa meloloskan 6 proposal, ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa yang dicapai oleh STKIP Muhammadiyah Bone.

Berita Lainnya

Lolos PKM merupakan kebanggan tersendiri bagi Mahasiswa karena merupakan ajang bergensi untuk setiap Mahasiswa dimana, PKM merupakan salah satu upaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menumbuhkan dan mewujudkan ide kreatif mahasiswa yang diluncurkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi sejak tahun 2001.

Tahun 2020, terdapat 15 Judul Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) STKIP Muhammadiyah Bone yang lolos pendanaan dengan 11 judul proposal Pengambdian Kepada Masyarakat (PKM-M) dan 4 judul proposal Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH).

Salah satu judul proposal PKM-M yang lolos pendanaan adalah ‘’Limbah Serbuk Kayu Sebagai Hiasan Rumah Tangga Multi Fungsi Melalui Pemberdayaan Mampu Olah Ibu PKK Desa Labuaja, Kecamatan Kahu”, yang diketuai oleh Magfirah jurusan Pendidikan Matematika angkatan 2017 dengan anggota sebanyak 2 orang yakni Fatmawati jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 dan Sri Rahayu jurusan Pendidikan Biologi angkatan 2018.

‘’Jujur saya sangat tidak percaya bahwa proposal yang saya ajukan ternyata lolos, karena tahun 2019 saya hanya menjadi anggota dalam PKM-PSH yang lolos juga dan Alhamdulillah sekarang saya bisa menjadi ketua di proposal PKM-M. Bersyukur, bangga, kagum dan senang itulah yang saya rasakan ketika melihat pengumuman kelolosan PKM tahun 2020 tenyata nama saya ada dideretan nama-nama pengusul proposal PKM tahun 2020 yang berhasil lolos dan didanai oleh Direktorat Jendral Kemahasiswaan tahun 2020,” tutur Magfirah selaku Ketua Tim

Tim tersebut lolos proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) karena tidak terlepas dari bimbingang dosen pendamping yakni Dr. Muhammad Ali. ST, M. Pd, A.M.Irfan Taufan Asfar, MT.,M.MPd dan A. M. Iqbal Akbar Asfar, MT.,M.Pd yang tidak henti memberikan dukungan dan apresiasi.

Pemanfaatan limbah serbuk kayu sebagai hiasan rumah tangga multifungsi yang melibatkan Ibu PKK Desa Labuaja, Kecamatan Kahu, sebagai Mitra PKM-M, Titin Muliana selaku Ketua Ibu PKK Desa Labuaja Kecamatan Kahu sangat merespon baik kegiatan PKM-M ini karena sangat bermanfaat.

“Ternyata Limbah serbuk kayu bisa dijadikan hiasan yang dapat bermanfaat dan bisa dijadikan wadah usaha bagi warga yang tidak memiliki pekerjaan. Melihat bahwa sekarang hiasan rumah sangat diminati oleh masyarakat. Sehingga, limbah serbuk kayu yang selama ini kurang dilirik dan dibuang begitu saja akan berguna,” tuturnya.

Namun, pelaksanaan PKM Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya yakni pelaksanaannya dilakukan secara daring (online) karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan tidak kontak fisik langsung dengan mitra sesuai dengan aturan Kemendikbud yang telah ditetapkan.

loading...
  • Whatsapp