Belasan Wartawan Ikuti Kelas Materi UKW Secara Virtual

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Belasan wartawan dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kelas materi sekolah wartawan yang diadakan MZK Institute secara online via aplikasi zoom meeting selama empat hari pada Jumat-Senin, 23-26 April 2021.

Dalam penyampaian Host MZK Institute , Martha Zhahira mengatakan jika kelas materi ini diperuntukkan bagi wartawan yang ingin mengikuti Kelas Materi Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Muda.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini diisi oleh praktisi media, Drs. Agung Santoso dengan membahas materi UKW Muda, menjelaskan proses uji materi UKW Muda dan persiapan sekaligus tips sebelum mengikuti ujian UKW,” beber Martha saat membuka kelas. Jumat, (23/04) lalu.

Sementara Drs. Agung Santoso yang juga merupakan inisiator UKW Mandiri Indonesia mengatakan bahwa mengikuti UKW perlu persiapan yang matang dikarenakan penguji kata dia saat UKW bakal memberikan tes secara ketat dalam mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh seseorang jurnalis.

“Karena UKW ini bukan main-main, jadi kalau belum kompeten, tidak bakal lulus begitu saja,” tegas Drs. Agung Santoso kepada belasan peserta Kelas Materi UKW.

Informasi yang berhasil dihimpun, dalam kegiatan ini peserta disuguhkan sejumlah materi diantaranya unsur, nilai, dan jenis berita, pengetahuan umum jurnalistik, prinsip jurnalistik, bahasa jurnalistik.

Selain itu juga ada materi wawancara dan narasumber, menyunting mandiri, reportase, penggunaan IT, rapat redaksi, rapat evaluasi, kode etik jurnalistik dan kunci dalam penulisan berita 5W + 1 H.

Penulis: Fatahillah
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...