DLHK Sinjai Anggap Wajar, Penebangan Pohon Mahoni di Lapangan Bikeru 1

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai, Andi Ikbal menganggap wajar penebangan Pohon Mahoni di sekitar lapangan Bikeru 1 Sinjai Selatan, meskipun tanpa rekomendasi dari DLHK.

Hal tersebut diungkapkan, pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Wakil Ketua I DPRD Sinjai, Komisi I dan Komisi II, Camat Sinjai Selatan, Inspektorat, beserta Lurah Sangiasseri, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sinjai. Kamis, (29/04/2020).

Bacaan Lainnya

“Terkait Lapangan Olahraga Bikeru 1 Sinjai Selatan merupakan kewenangan pengelolah aset yakni, wewenang kecamatan apalagi, Pohon Mahoni yang ditebang berada di dalam lapangan. Olehnya itu, jika termasuk kewenangan kecamatan apa pun yang dilakukan sah menurut regulasi,” terangnya.

Hal itu kata Andi Ikbal, merujuk pada Perda nomor 4 tahun 2015 tentang ketertiban umum, salah satu pasal 32 poin C berbunyi, setiap orang dilarang menebang, memangkas atau melakukan perbuatan lainnya yang menyebabkan matinya pohon di taman kota atau pohon lindung yang ditepi  jalan milik pemerintah daerah.

“Seandainya pohon yang di luar dari wewenang Pemerintah kecamatan yang ditebang, seperti dipinggir jalan itu baru wewenang kami,” tuturnya.

Adapun, sebagai tindak lanjut pemerintah atas aspirasi masyarakat terkait penebangan pohon ini, kecamatan  bersama masyarakat kelurahan Singisseri telah melakukan penanaman kembali sebanyak 35 pohon.

Penulis: MG Nur
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...