Dua Dosen IAIM Sinjai Ikuti Pelatihan Literasi Media Asosiasi Penyiaran Islam

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Dekan Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) IAI Muhammadiyah Sinjai, Dr. Suriati, M.Sos.I., bersama Kaprodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Faridah, M.Sos.I. mengikuti kegiatan ASKOPIS. Sabtu, (01/05).

Kedua dosen IAIM Sinjai tersebut, mengikuti kegiatan pelatihan Tular Nalar yakni Pelatihan Literasi Media bagi Dosen untuk Penyemaian Perdamaian dan Pimikiran Kritis yang dilaksanakan oleh Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS).

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun, pelatihan ini diikuti oleh 425 orang dosen dari 128 perguruan tinggi yang tergabung di 14 Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASKOPIS se Indonesia. Program ini digelar secara daring mulai tanggal 5 – 28 April 2021, lalu.

Mohammad Zamroni selaku Ketua Umum DPP ASKOPIS dalam pidato kuncinya menyampaikan bahwa program ini diharapkan dapat memberikan pencerahan tentang literasi media dilingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam khususnya di lingkungan Program Studi Komuniaksi dan Penyiaran Islam.

Dikatakannya, kolaborasi antara konsorsium Tular Nalar (MAARIF Institute, MAFINDO dan Love Frankie) dan ASKOPIS dilaksankan karena ada kesamaan visi misi dan kerangka dalam rangka membangun edukasi terhadap masyarakat.

“Terutama kalangan pendidik (dosen) tentang pentingnya keahlian literiasi media dalam mengahadapi fenomena derasnya arus informasi terutama dimasa pandemi Covid-19 ini. Derasnya arus informasi tidak hanya menghadirkan hal-hal yang positif,” katanya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa kenyataanya dibarengi juga dengan meningkatnya konten hoaks, provokasi, ujaran kebencian dan hal-hal negative lainya.

“Fenomena penyebaran hoaks ini tidak hanya terjadi di lingkungan masyarakat awam namun juga tidak jarang kita alami dilingkungan tenaga pendidik. Oleh karena itu dalam menghadapi fenomena tersebut kita perlu punya dua modal penting yaitu critical thinking (berpikir Kritis) dan critical awareness (kesadaran berpikir),” jelas Ketum DPP ASKOPIS, Zamroni.

Kaprodi KPI IAIM, Faridah, M.Sos.I. mengatakan sampai saat ini pelatihan Tular Nalar telah dilatihkan ke 1135 dosen dari 216 perguruan tinggi yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Perguruan Tinggi Negeri, dan Perguruan Tinggi Swasta di 29 kota diseluruh Indonsia.

 

Penulis: Fatahillah
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...