Sosialisasi ZIS, Baznas Sinjai Sambangi Sekolah

SINJAI, Suara Jelata–Sebagai lembaga yang berperan mengumpulkan dan menyalurkan zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sinjai gencar sosialisasi seputar Zakat, Infak dan Sedekat (ZIS) di sejumlah lembaga. Rabu, (19/01/2022).

Seperti kali ini, Baznas Sinjai melangsungkan sosialisasi yang dipimpin langsung oleh pimpinan Baznas Sinjai di beberapa sekolah.

Sosialisasi pertama di Sekolah Menengah Atas (SMA) 11 Aska Sinjai Selatan oleh Munir selaku Wakil Ketua III dan Ishak Amin selaku Wakil Ketua IV, dilanjutkan sosialisasi kedua bertempat di SMA Negeri 2 Sinjai secara langsung ditangani oleh Ahmad Muzakkir selaku Ketua Baznas Sinjai.

Ketua Baznas menjelaskan, bahwa, banyak keutamaan yang akan diterima oleh pemberi zakat, salah satu untuk mensucikan harta yang dimiliki dan hal ini telah diperintahkan oleh Allah dalam Al-Qur’an.

“Tujuan zakat itu untuk mensucikan harta kita, dan itu adalah perintah yang telah Allah firmankan dalam Suatu At-Taubah ayat 103,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ustadz Akki sapaan akrabnya menambahkan, bahwa dalam mengeluarkan zakat terdapat takaran sesuai hukum yang berlaku.

“Zakat itu adalah salah satu pranata kegamaan yang telah Allah Syariatkan dalam rukun islam, dan kami dari BAZNAS mengingatkan bahwa salah satu kewajiban umat islam adalah mengeluarkan zakat apabila telah mencapai nishab dan haulnya dengan kadar sebesar 2,5 %,” terangnya.

Sekedar diketahui, sejauh ini Baznas Sinjai memiliki banyak program dalam mengentaskan kemiskinan dan membantu pemberdayaan masyarakat, seperti Program Layanan Aktif Baznas, Program Bedah Rumah Baznas, Bantuan Beasiswa dan Usaha serta program lainnya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.