Bupati Sinjai Harapkan Peran Penting Orang Tua Sukseskan Vaksin Anak Usia 6-11

Bupati Sinjai bersama Kapolda Sulsel, (Dok. Arsip)

SINJAI, Suara Jelata—Secara keseluruhan anak usia 6 sampai 11 tahun yang mengikuti vaksinasi Pemerintah Daerah (Pemda) Sinjai bersama Kapolda Sulsel 700 lebih anak SD usia 6 sampai 11 tahun.

Vaksinasi kali ini, mengusung tema gelora vaksinasi dan Pencanangan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun di SD Negeri 3 Balangnipa. Rabu, (26/01/2022).

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mengatakan, upaya penanggulangan Covid-19 harus terus dilakukan secara masif dengan beberapa strategi.

Apalagi kata ASA sapaannya, tingkat kerentanan masyarakat juga semakin meningkat yang disebabkan penerapan protokol kesehatan yang masih kurang.

Olehnya itu, lanjut ASA, diperlukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan, namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penyakit vaksinasi.

“Pada tahun 2021 kami telah dilaksanakan vaksinasi dengan sasaran tenaga kesehatan, lansia, petugas pelayanan publik dan remaja masyarakat umum. Dan saat ini telah dilakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun,” ucap ASA dalam sambutannya.

Lebih lanjut, dia bilang, berdasarkan rekomendasi dari komite penasihat ahli imunisasi nasional (Indonesia Technical Advisory Group On Immunizatio / ITAGI) bahwa vaksin Covid-19 dapat diberikan kepada anak usia 6 tahun sampai 11 tahun.

“Olehnya itu saya menghimbau kepada para orang tua agar anak-anak kita dapat segera divaksin. Karena, orang tua memiliki peran penting dalam mensukseskan vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun,” ujarnya.

Ia juga berharap, kegiatan vaksinasi usia 6 sampai 11 tahun saat ini, bisa mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka secara langsung bisa berjalan dengan aman dan terlindungi.

“Jumlah peserta vaksin SD saat ini, sebanyak 685 siswa,” tuturnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sinjai, M. Zuhri N menambahkan, pada dasarnya jumlah siswa SD yang melakukan vaksinasi hari ini sebanyak 700 lebih.

“Jumlah siswa SD 685 orang yang melakukan vaksinasi itu merupakan data data kemarin. Dan hari ini terdapat penambahan data sekitar 700 lebih, penambahan tesebut dari anak-anak pegawai Dinas Pendidikan,” ungkap M. Zuhri N.

M. Zuhri N juga bilang, saat ini secara serentak di sembilan kecamatan di Sinjai juga menggelar vaksinasi. Dengan berkoordinasi dengan camat, Kapolsek, Babinsa, dan jajaran pemerintah lainnya.

Selain itu, untuk lebih memeriahkan kegiatan vaksinasi tersebut terdapat 10 door prize sepada sebanyak 10 unit.

Dari Dinas pendidikan dan Organisasi Mitra Dinas Pendidikan di antaranya PGRI, IGI, Himpaudi, IGTKI, KT3S SD, MKKS SMP, dan Darma Wanita Unit Dinas Pendidikan Sinjai.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.