Masuki Usia 12 Tahun, RSGG Sragen Luncurkan 2 Inovasi

SRAGEN JATENG, Suara Jelata Perayaan HUT Ke-12 Rumah Sakit dr. Soeratno Gemolong (RSSG) berlangsung semarak dan melibatkan warga masyarakat Gemolong. Sementara puncak peringatan digelar Minggu pagi (26/06/2022) di halaman parkir RSSG diawali dengan Lomba Jalan Sehat yang diikuti oleh ratusan peserta.

Hadir dalam kesempatan acara tersebut Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Sragen H. Suroto. Serta Anggota DPRD Kabupaten Sragen Haryanto, S.Ag, Sekda Sragen dan para Asisten Sekda Sragen serta jajaran OPD Kabupaten Sragen dan seluruh civitas RSSG.

Peringatan syukuran HUT Ke-12 RSSG ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Sragen untuk selanjutnya tumpeng diserahkan kepada Direktur RSSG dr. Kinik Darsono M,Pd. Ked. Dilanjutkan launching 2 inovasi baru yaitu Rekam Medik Elektronik dan Layanan Sobat (Sahabat pengantar Obat).

Menurut Direktur RSSG dr. Kinik Darsono, momen HUT Ke-12 RSSG diibaratkan seorang anak yang berumur 12 tahun yang telah menginjak masa remaja. Di mana sudah saatnya untuk keluar rumah dan bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat sekitar.

“Harapan kita di usia 12 tahun adalah rumaket (akrab-red) dengan masyarakat, di mana agar kita menjadi pilihan masyarakat harus dekat dengan mereka dan menjadi sahabat masyarakat tanpa ada sekat. Tujuan kita adalah menciptakan Rumah Sakit yang tanpa sekat dengan masyarakat. Sehingga yang kita lakukan sekarang adalah memberdayakan lingkungan masyarakat seperti UMKM (angkringan, kuliner) yang ada di sekitar RSSG,” tutur dr. Kinik.

RSSG yang awalnya adalah Puskesmas Gemolong itu telah bekerjasama dengan RS Darmais untuk rujukan operasi mata. Namun saat ini di usia ke-12 RSSG telah mempunyai layanan pengadaan mikroskop mata. Sehingga dokter mata sudah dapat mengoperasi mata dengan pasien penyakit katarak.

Dalam rangka menuju digitalisasi RS, pihak RSSG mempunyai inovasi baru yaitu Rekam Medik Elektronik yang menggunakan sistem aplikasi dan terintegrasi. Sehingga diharapkan satu bulan ke depan dapat dilaksanakan secara paperless.
Inovasi digital yang kedua adalah Layanan Sobat (Sahabat pengantar obat) yang memberikan kemudahan pasien untuk mendapatkan obat tanpa antre di apotek dan dapat langsung diantar ke rumah. Layanan tersebut dalam tahap uji coba telah dilakukan sampai jarak 15 km (wilayah Gemolong dan Sumberlawang).

“Saat ini masih dilayani secara gratis khususnya untuk pasien rawat jalan. Petugas pengantar akan memastikan obat yang telah diberi resep oleh dokter sampai dengan selamat, kemudian obat akan difoto sebagai bukti telah diterima,” terang dr. Kinik.

Dalam rangka HUT Ke-12 RSSG, imbuh dr. Kinik, telah diadakan rangkaian kegiatan berbagai lomba sebagai dukungan persiapan akreditasi RS yang telah vakum selama dua tahun. Di antaranya lomba K3 antar ruangan, Lomba Cerdas Cermat stadar akreditasi yang diikuti 21 bagian dan bidang, Lomba kreasi video implementasi persiapan akreditasi, Lomba tari kreasi gerak dan lagu, kode red dan kode blue, serta seminar/simposium.

Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya berpesan Hut Ke-12 diharapkan RSSG dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Selamat ulang tahun Rumah Sakit dr. Soeratno Gemolong. Harapan saya semoga bisa meningkatkan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat. Kita harus siap apabila masyarakat yang datang membutuhkan pertolongan ke Rumah Sakit ini agar dapat dilayani dengan baik,” pesan Bupati dr. Kusdinar. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.