Tol Kahyangan, Nikmati Sensasi Perkebunan Sayuran Lereng Merbabu

Tol Kahyangan, melintasi perkebunan sayuran lereng gunung Merbabu, Sawangan Kabupaten Magelang. (foto: Iwan SJ)

Suara Jelata – Kabupaten Magelang memiliki banyak wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Pesona alamnya memang mampu menghipnotis mata yang melihatnya menjadi daya tarik wisatawan.

Bahkan melalui media sosial, para penggemar travelling turut mempromosikan beberapa destinasi wisata alam di tengah pulau Jawa ini . Salah satunya adalah Tol Kahyangan di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tol Kahyangan adalah jalan penghubung desa yang dicor sepanjang 3 kilometer layaknya jalan bebas hambatan. Jalan tersebut yang membelah perkebunan sayuran di lereng Gunung Merbabu dengan rute jalan yang menantang.

Meski dinamakan Tol Kahyangan, namun ruas jalannya tidak sebesar jalan tol pada umumnya, karena hanya berupa jalan dua jalur kendaraan yang diapit oleh perkebunan sayuran. Jalan ini menghubungkan Dusun Wonodadi, Desa Wonolelo dengan Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Tol Kahyangan menyajikan panorama yang indah. Saat melintas di jalan ini pada cuaca cerah, kegagahan Gunung Merapi dan Merbabu dapat terlihat dengan jelas. Karena berada di ketinggian, jalan ini kerap diselimuti kabut. Sehingga ketika melewatinya seperti sedang berada di kahyangan dan dapat menembus kabut. Hal tersebutlah yang menjadikan alasan penamaan jalan ini.

Pada awalnya, tempat ini hanya jalan cor biasa. Namun karena ada pengunjung yang berfoto dan mengunggahnya ke media sosial, tempat ini menjadi ramai pengunjung.

Karena antusias masyarakat yang tinggi, pemerintah desa dan warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini menjadi tempat wisata yang lebih baik lagi. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.