26 Anggota Bintara Polri Polres Magelang Ikuti Pembaretan

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Sebanyak 26 anggota Bintara Polri Polres Magelang menerima baret dalam acara Upacara Penutupan Orientasi Wilayah Bintara Polri Dik Tuk TA 2020/2022. Kegiatan berlangsung di halaman depan Mapolres Magelang, Kamis (11/08/2022).

Upacara Penutupan Orientasi Wilayah dipimpin Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H., S.I.K. yang diikuti Wakapolres Magelang Kompol Aron Sebastian, S.I.K., M.Si. Juga para Kabag, Kasat, Kasi, para Kapolsek jajaran, anggota Polres Magelang serta 26 orang Bintara yang melaksanakan orientasi wilayah.

Masing-masing Bintara berpakaian PDL diperlengkapi senjata laras panjang serta tas punggung dengan berjalan kaki, start dari Mapolres Magelang. Yang dibuka oleh Wakapolres Kompol Aron Sebastian menuju bukit Suroloyo Kabupaten Kulonprogo dan kembali lagi finish di Mapolres Magelang.

Selama orientasi juga ditampilkan berbagai peragaan. Di antaranya beladiri Polri, senam tongkat dan senam borgol di Balai Desa Bigaran, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Dalam Upacara Penutupan Orientasi Wilayah Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun menyampaikan, sebagaimana yang diketahui sejak waktu dua tahun, acara tradisi ini belum bisa diselenggarakan.

“Dikarenakan sampai saat ini masih pandemi Covid-19. Dua tahun ke belakang kegiatan masyarakat benar-benar diperketat, namun untuk saat ini dilonggarkan. Maka dari itu kita laksanakan orientasi wilayah dan pembaretan,” ungkap Kapolres.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memelihara mental kejuangan, kecintaan terhadap Korps Bhayangkara, memupuk disiplin, dan meningkatkan keterampilan, serta kemampuan fisik personil. Sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai pelindung, dan pengayom masyarakat di lingkungan Polres Magelang.

Dalam kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh personel Bintara remaja dikarenakan untuk bisa menggunakan baret tersebut tidak dengan mudah mendapatkannya.

“Membutuhkan perjuangan, tantangan, dan rintangan, melalui etape yang telah disiapkan. Ada pun jalur yang dilalui yaitu Suroloyo,” imbuhnya.

Kepada para perwira dan pendamping, Kapolres Sajarod mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini dengan baik. Juga mengucap syukur karena kegiatan ini berjalan dengan aman dan kondusif.

“Serta dalam kesempatan ini juga saya perlu menyampaikan beberapa penekanan kepada Bintara remaja yang mengikuti kegiatan ini. Antara lain jadikan ini sebagai latihan fisik dan mental untuk menyambut tugas-tugas ke depan yang lebih berat.

Sajarod mengingatkan jangan hanya dijadikan tradisi semata. Namun dijadikan sebagai rasa syukur dapat berdinas di Kepolisian khususnya di Polres Magelang.

Para Bintara remaja akan menanamkan sikap disiplin dari sejak dini dan menjauhi bentuk pelanggaran baik disiplin, kode etik, mau pun pidana.
“Saya menginginkan para Bintara Polri yang kuat serta menjadi personel Polri yang siap sedia dalam menjaga Harkamtibmas di wilayah Polres Magelang. Semoga bisa memberikan dedikasi dan loyalitasnya baik terhadap institusi maupun negara dalam rangka menjalankan tugas sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat,” harapnya.

Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun berkesempatan memakaikan baret serta mengguyur air bunga kepada dua orang perwakilan Bintara. Selanjutnya, kepada peserta orientasi lainnya oleh Wakapolres juga para Perwira. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.