Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Yonarmed 11 Kostrad Laksanakan Tes Garjas

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Yonarmed 11 Kostrad menyelenggarakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) bagi seluruh prajurit demi menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh serta mengukur kesegaran jasmani, agar siap melaksanakan tugas pokok. Kegiatan bertempat di Lapangan dr. Koesen Hirohoesodo Rindam IV/Diponegoro, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/09/2022).

Pelaksanaan Tes Garjas yang dilaksanakan selama 2 hari ini merupakan program rutin yang dilaksanakan sebagai salah satu tolok ukur dalam mengetahui hasil pembinaan fisik. Yaitu yang sudah dilakukan oleh seluruh prajurit Yonarmed 11 Kostrad agar tercipta prajurit yang profesional dan memiliki fisik prima.

Diawali dengan pengecekan personel, dilanjutkan pemeriksaan awal kesehatan tekanan darah dan denyut nadi serta mengecek tensi bagi para peserta oleh petugas kesehatan Yonarmed 11 Kostrad. Pelaksanaan tes samapta meliputi Tes Garjas ‘A’ yaitu lari 12 menit dan Tes Garjas ‘B’ yaitu pull up, sit up, push up, lunges, shuttle run dan renang dasar jarak 50 meter.

Komandan Batalyon Armed 11 Kostrad Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem mengatakan, setiap prajurit Yonarmed 11 Kostrad harus mendapatkan nilai yang maksimal dan wajib lulus pada setiap item Garjas sesuai dengan kategori umur masing-masing.

“Untuk itu tetap semangat dan berusahalah dengan maksimal dalam melaksanakan kegiatan Garjas. Karena selain untuk menjaga kebugaran tubuh prajurit juga sebagai bentuk penilaian terhadap pembinaan fisik yang telah dilaksanakan sebelumnya,” tegasnya.

Danyon mengingatkan, prajurit dalam kegiatan tetap memperhatikan faktor keamanan pada setiap kegiatan Garjas yang dilaksanakan.

“Garjas selain untuk memelihara kesehatan juga sebagai tolak ukur awal pada kemampuan prajurit. Terlebih karier prajurit itu sendiri yaitu pada pelaksanaan tes kenaikan pangkat,” imbuh Danyon Mayor Gde Adhy. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.