Peduli Stunting, Danramil Mertoyudan Imbau Masyarakat Perhatikan Asupan Gizi Anak

Berita | DAERAH | Health & Fitness

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Anak penderita stunting di Magelang mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. Termasuk dari pihak Koramil 11/Mertoyudan Kodim 0705/Magelang. Beragam intervensi yang diberikan itu bertujuan menekan jumlah anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang.

Komandan Koramil 11/Mertoyudan Kapten Arm Mashudi Pitoyo mengunjungi dan memberikan bingkisan kepada dua anak stunting di Dusun Kedungingas, Desa Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan, Senin (03/10/2022). Pada kesempatan itu, Kapten Arm Mashudi memberikan imbauan agar orang tua yang anaknya stunting supaya lebih memperhatikan asupan gizi untuk anaknya.

Selain asupan gizi, hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan, karena masalah stunting juga dapat dipicu akibat kebersihan lingkungan yang buruk. Maka dari itu, orang tua dan seluruh anggota keluarga harus mempraktikkan kebersihan yang tepat. Misalnya, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.

“Stunting kalau tidak cepat diatasi bisa bahaya, karena ketika dewasa rawan terkena penyakit kronis,” ujar Kapten Pitoyo.

Untuk mengatasi anak yang susah makan, orang tua dapat memberikan variasi makanan yang sehat dan beragam. Disampaikan Danramil, salah satu sayuran yang direkomendasikan adalah sayur daun kelor.

“Selain mengandung nutrisi tinggi, daun kelor juga murah dan cenderung mudah didapat, karena merupakan tanaman asli Indonesia, dan banyak ditemukan di sekitar kita,” pungkas Kapten Pitoyo. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.