Tumbuhkan Jiwa Patriot Anak Bangsa, Kirab 1001 M Merah Putih Digelar di Alun-Alun Brebes 

DAERAH

 

BREBES JATENG, – Suara Jelata – Kirab Harmoni Nusantara Bangkit menggandeng Pemerintah Kabupaten Brebes, jajaran Kodim dan Polres Brebes, Ormas Gerakan Cinta Indonesia (GERCIN) serta sejumlah elemen masyarakat dan anak bangsa, menggelar kirab yakni membentangkan bendera merah putih sepanjang 1001 M serta ribuan panji-panji merah putih yang dilakukan para peserta yang terdiri dari para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Alun-alun Kabupaten Brebes, JawaTengah, Sabtu (26/11/2022).

 

Kawasan Pendopo dan Alun-Alun nampak menjadi lautan merah putih, ribuan peserta kirab dan para pengunjung antusias memadati area Alun-Alun sambil membentangkan bendera merah dan menyanyikan lagu kebangsaan.

 

Dijelaskan oleh Ketua Umum Kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit, R.A Endang Nanik Purwati, bahwa di inisiatori oleh Doctor Habib Lutfi bin Yahya, Kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit telah dibuka oleh Presiden Jokowi dan Kapolri di halaman Istana Negara pada tanggal 28 agustus 2022.

“Tujuan diadakannya kirab merah putih harmoni nusantara bangkit bersama anak bangsa yakni untuk menumbuh kembangkan jiwa patriot dan semangat merah putih serta agar terpatri jiwa pancasila pada putra putri patriot bangsa,” kata Endang Nanik Purwati.

 

Dengan harapan, kata Endang, seluruh pemuda dan elemen masyarakat lebih mengenal pancasila, karena menurutnya, di dalam pancasila ada tiga ruh kebangsaan yang harus dipahami.

 

“Di dalam pancasila ada kehormatan bangsa, ada jati diri bangsa juga di dalam pancasila ada harga diri bangsa yang harus dikenalkan pada putra putri patriot bangsa, sehingga negara kita dapat berdiri tegak dengan tonggak pancasila dan undang-undang dasar 1945,” terangnya.

Digelar di Brebes, lanjut Endang, karena sudah melewati rotasi lintas Propinsi lainnya dan di Brebes merupakan urutan yang ke sembilan.

 

Endang menyebut, untuk selanjutnya pihaknya akan on the road ke wilayah lainnya hingga ke Papua.

 

“Untuk di Brebes sendiri kami menggandeng ormas GERCIN dan menggandeng seluruh elemen masyarakat dan Alhamdulillah disini acara ini mendapat antusias masyarakat yang sangat luar biasa,” ujarnya.

 

Endang juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Brebes yang diwakili wakil Bupati Narjo serta seluruh jajaran Forkopimda juga kepada para guru dan semua peserta didiknya.

 

“Terima kasih juga kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, Sekda Brebes Djoko Gunawan, Kapolres, Dandim, Kejaksaan Negeri beserta jajaran dan semua ormas lainnya di Kabupaten Brebes, serta tidak lupa juga buat Abah Habib Lutfi bin Yahya selaku inisiator kami,” ucapnya.

 

Sementara itu Pemkab Brebes melalui Sekda Brebes Djoko Gunawan menyampaikan, bahwa diselenggarakannya Kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit yakni untuk memperingati hari pahlawan di tahun ini, untuk mengukir sejarah, membangkitkan jiwa nasionalisme dan jiwa patriotisme anak bangsa.

 

“Kepada seluruh masyarakat kabupaten Brebes terutama kepada adik-adik pelajar di Kabupaten Brebes, agar kedepan kita bisa menanamkan kesatuan dan persatuan terus kita curahkan sehingga kedepan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Brebes bisa lebih harmonis lagi, dan dapat Sengkuyung bareng yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Brebes khususnya,” kata Dioko Gunawan.

 

 

Di puncak acara para peserta juga mendapatkan piagam penghargaan dari Lembaga prestasi Indonesia – Dunia atas rekor Kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit yang di tandatangani Paulus Pangka, S.H. Selaku ketua umum dan Pendiri. (Olam) 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.